Pemkab Tala Sebut BUMDes Bisa Bantu Tingkatkan Nilai Ekonomi Masyarakat

Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hairul Rijal saat membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola BUMDesa yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD). foto: Prokopim Tanah Laut

KBRN, Banjarmasin: Dengan adanya Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dipercaya mampu menggali potensi serta memberikan signifikasi peningkatan nilai ekonomi dan yang luar biasa bagi masyarakat. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Tanah Laut (Tala) melalui Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Hairul Rijal saat membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelola BUMDesa yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD).

Lebih lanjut Hairul Rijal menyampaikan, selain meningkatkan nilai ekonomi masyarakat, BUMDesa juga akan melahirkan potensi baru dan menjadi nilai jual bagi suatu desa.

Dengan terus terus berkembangnya potensi yang ada didesa maka akan membuat desa tersebut akan semakin maju dan berkembang baik dari segi ekonomi maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Dengan berkembangnya BUMDes maka suatu desa akan terus berkembang karena selalu mendatangkan keuntungan baik dari pengurus maupun anggotanya,” ucap Hairul Rijal.

Ia juga mengatakan bahwa, jika suatu desa tidak memiliki potensi untuk dikembangkan maka bisa berkerjasama dengan desa lain. 

Dengan adanya sinergitas antar desa maka akan semakin terintergrasi potensi yang ada di desa tersebut.

BUMDesa juga berfungsi sebagai lembaga sosial institusi dan bersifat komersial.

Oleh karena itu, BUMDesa yang digagas oleh pemerintah pusat sangat berpihak kepada masyarakat.

Terlihat kontribusinya didalam penyediaan pelayanan sosial, sedangkan komersial untuk mencari keuntungan melalui penawaran sumber daya lokal barang/jasa dalam melakukan pemasaran.

“Kedepannya BUMDesa tidak hanya sebagai penggerak ekonomi lokal tapi juga merupakan instrumen sosial yang dapat menumbuhkan kearifan lokal,” terangnya.

Hairul Rijal, pada kesempatan ini juga berpesan agar para peserta dapat mengikuti pelatihan ini secara maksimal agar dapat menjalankan BUMDesa sebaik mungkin sehingga mendatangkan banyak manfaat bagi masyarakat.

Jangan sia-siakan kesempatan dalam mengembangkan desa karena kedepannya Kabupaten Tala akan menjadi tetangga bagi Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

Selain mendatangkan banyak penghuni baru, kebutuhan akan keseharian juga harus selalu dicukupi oleh karenanya Tala harus bersiap akan hal itu.

“Beberapa tahun kedepan kita akan kedatangan ribuan Aparatur Negeri Sipil beserta keluarganya yang mana Tala akan mendapat dampak besar untuk menyediakan kebutuhan pangan IKN,” pungkas Hairul Rijal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar