Kalsel Siap Sambut Pelaksanaan Ibadah Haji 2022

Sekda roy usai melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Banjarmasin 2022, dok ist

KBRN, Banjarbaru - Sekretaris Daerah Prov. Kalsel. Ir. Roy Rizali Anwar, ST. MT melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Banjarmasin Tahun 2022 di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pada Jumat (20/5/2022).

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Prov. Kalsel. Ir. Roy Rizali Anwar, ST. MT mengatakan, pelayanan penyelenggaraan ibadah haji adalah tugas nasional. 

Hal ini sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 13 tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, yang melibatkan berbagai instansi dan pihak terkait lainnya.

"Pelantikan PPIH. Ini pula menunjukkan kesiapan kita dalam penyelenggaraan ibadah haji, yang dalam dua tahun terakhir ini tidak bisa diberangkatkan karena pandemi Covid-19," kata gubernur.

Lebih lanjut gubernur menyampaikan, kesiapan untuk melayani jemaah calon haji, perlu lebih dimatangkan, khususnya penyesuaian terhadap aturan yang terkait dengan suasana pandemi yang masih belum sepenuhnya dinyatakan berakhir.

Gubernur mengharapkan, semua proses pelaksanaan ibadah haji di embarkasi Banjarmasin, mulai dari keberangkatan hingga pemulangan, dapat berjalan secara tertib, lancar dan aman.

Selain itu, terkait makanan yang akan disediakan bagi para jemaah calon haji, catering yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan, senantiasa memperhatikan tentang kecukupan gizi, sesuai standar penerbangan internasional. 

"Makanan yang disajikan harus mengandung vitamin, mineral dan karbohidrat yang cukup, sehingga menjadi sumber energi yang dapat mendukung bagi kelancaran dan kesempurnaan ibadah haji yang akan dilaksanakan," pintanya. 

Sementara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Tambrin mengatakan, Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 1.743 orang jemaah calon haji  untuk provinsi Kalimantan Selatan dan 736 orang untuk provinsi Kalimantan Tengah.

Semua jemaah akan tergabung dalam 7 kloter dan diberangkatkan dengan Pesawat Garuda Indonesia jenis airbus 330 dengan seat penumpang berjumlah 360.

Kemudian kloter pertama akan diberangkatkan 12 juni 2022, dan pada tanggal 11 Juni 2022 akan masuk asrama haji terlebih dahulu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar