Pemprop Kalsel Mulai Seleksi Calon Anggota Paskibraka 2022

Photo : Ilustrasi

KBRN, Banjarmasin : Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel mulai melaksanakan seleksi Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2022 di setiap Kabupaten/Kota se-Kalsel. 

Mewakili Kadispora Kalsel, Kepala Bidang  Kepemudaan Dispora Kalsel, Heru Susmianto mengatakan menindak lanjuti persiapan gelaran pengibaran Bendera pada 17 Agustus 2022 mendatang, maka pihaknya mulai melakukan seleksi ke Kabupaten/kota di Kalsel.

“Kami lakukan lebih awal untuk seleksi ke Kabupaten/Kota. Walaupun masih menyisakan waktu sekitar 4 bulan. Karena nantinya, masih ada seleksi untuk anggota Paskibraka Kalsel,” ujar Heru.

Oleh karena itu, pihaknya akan menyeleksi sebanyak mungkin peserta yang dikirim setiap daerah, kemudian akan dikerucutkan menjadi 41 orang. 

“Jumlah yang kita cari ada 41 orang, jadi untuk seleksi, sementara kita lihat sebanyak mungkin dari kemampuan Kabupaten/Kota mengirim perwakilannya,” katanya. 

Sejauh ini pelaksanaan seleksi sudah dilaksanakan sejak Senin (9/5/2022), dimana seleksi diawali oleh kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang akan melakukan pembekalan selama 10 hari di setiap kabupaten atau kota di Kalsel. 

Adapun pihak penyeleksi, menurutnya akan diturunkan dari aparat TNI dan Polri yang akan bertugas langsung di tiap Kabupaten/Kota. 

41 anggota Paskibraka nantinya dibagi atas seleksi untuk Nasional dan daerah, dimana 2 orang akan dikirim ke tingkat Nasional dan 39 untuk pengibaran bendera di daerah. 

“Kita harap seleksi berjalan lancar, dan karena masa pandemi sudah berlalu, sistem seleksi mungkin kita kembalikan seperti dahulu,” pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar