Gapoktan 4 Desa di HST Terima Bantuan Benih Padi

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi didampingi Plt Kepala Dinas Pertanian Budi Satrya Tanjung, menyerahkan secara simbolis bantuan benih padi kepada Gapoktan Desa Paya Besar, Aluan Besar, Kahakan dan Kalibaru. 

Bupati HST mengatakan pada banjir bandang diawal tahun lalu berakibat rusaknya ratusan hektar sawah yang tersebar dibeberapa Kecamatan, tentunya bencana sangat merugikan para petani.

“Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah, melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan benih kepada kelompok tani yang terdampak banjir, dengan harapan agar petani dapat melakukan tanam kembali," katanya.

“Kepada jajaran Dinas Pertanian untuk selalu membina dan memfasilitasi para petani, sehingga dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap upaya peningkatan produktivitas pertanian di Kab HST," tutupnya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Pertanian Budi Satrya Tanjung mengatakan desa Paya Besar memiliki Gapoktan yang bernama Gapoktan Paya Besar yang di ketuai oleh Abdurrahman mengayomi 7 Kelompok Tani, berdasar hasil identifikasi sawah terdampak banjir didesa Paya Besar sebanyak 40 hektar jadi untuk desa Paya Besar akan dibantu benih padi sebesar 1 ton, untuk Aluan Besar ada 32 hektar terdampak dan gagal semai akan diberikan bantuan benih 800 kg. 

Lebih lanjut Budi Satrya Tanjung menyampaikan desa Kahakan mempunyai satu Gapoktan yang bernama sumber rezki dengan Ketua Muhammad Subki, Gapoktan Sumber Rezki ini mengayomi 9 Kelompok Tani dengan luas lahan 332 hektar.

"Bibit yang sudah diberikan mohon segera bisa dimanfaatkan, segera disemai, segera ditanam supaya semua bantuan yang diserahkan oleh Pemerintah tidak menjadi sia-sia," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar