Ada Rest Area Petani di Batumandi Balangan

KBRN, Balangan : Banyak cara yang dilakukan untuk memajukan para petani. Agar tidak terkesan formal Wahyudi pegiat dan pemerhati petani di Balangan berinisiatif sendiri membikin tempat untuk diskusi para petani yaitu rest area petani. Tempat ini bakal dijadikan majelisnya para petani yang berlokasi di Desa Batumandi-Lokbatu, Kecamatan Batumandi.

Wahyudi yang juga sebagai Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman pada Dinas Pertanian ini mengatakan, rest area petani sudah berjalan sekitar setengah bulan dengan inisiatif sendiri.

"Tempat ini saya buat untuk diskusi dan bincang santai, berbagi pengetahuan seputar apapun tentang pertanian sambil ngopi gratis," ujarnya, Senin (17/1/2022).

Selain dijadikan tempat diskusi santai para petani, dilokasi ini juga disiapkan perpustakaan mini yang mana buku-buku yang disediakan tentang pertanian serta juga ada buku-buku lainnya. Bahkan lanjutnya, juga disediakan lokasi lahan tempat penelitian petani untuk praktik lapangan seputar petanian seperti budidaya tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan.

"Tujuan saya dengan adanya rest area petani ini dapat memberikan serta bertukar informasi bagi petani di Balangan serta berbagi ilmu antar petani," ungkapnya.

Dikatakan Wahyudi, rest area petani ini buka setiap hari dan setiap Sabtu dan Minggu diadakan ruang diskusi santai sambil ngopi.

"Mudah-mudahan dengan adanya lokasi ini para petani terbantu serta mampu meningkatkan keahliannya seputar pertanian, petani bertanya petani menjawab," pungkasnya.(ip balangan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar