Rekor !!! Antrean Plasma Konvalesen Hari Ini Tembus 237 Kantong

antrean_plasma_konvalesen.jpg

Deskripsi Gallery

KBRN, Banjarmasin : Antrean plasma konvalesen pada UDD PMI Kota Banjarmasin hari ini, Sabtu (7/8/2021) capai rekor tertinggi, yakni 237 kantong. Lebih spesifik yakni untuk golongan darah A sebanyak 36 kantong 77 kantong untuk golongan darah B, 13 kantong golongan darah AB dan yang tertinggi golongan darah 0 yakni 111 kantong.

Kepala UDD PMI Kota Banjarmasin, dr. Aulia Ramadhan Supit kepada rri.co.id mengungkapkan upaya untuk memenuhi permintaan plasma konvalesen di antaranya meminta bantuan kepada semua pihak melalui media sosial. Namun kendala yang juga dialami yakni terkait masalah titer antibody calon pendonor rata-rata sangat rendah sehingga tidak dapat mendonorkan plasmanya.

“Kami sudah melakukan upaya, meminta bantuan sana-sini, tapi masalah lainnya di titer antibody nya banyak yang sudah sangat rendah akhirnya tidak bisa untuk mendonor plasma karena kalau kita paksakan percuma tidak memberikan efek apa-apa untuk si pasien,”jelas dr.Rama.

Diakui dr Rama, dalam memenuhi kebutuhan plasma konvalesen pihak UDD PMI Kota Banjarmasin juga mengalami kendala, seperti banyaknya petugas yang terpapar COVID-19 dan harus menjalani isolasi mandiri. Untuk itu ia mengajak para penyintas COVID-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen datang langsung ke UDD PMI Kota Banjarmasin.

“Petugas kami sudah mulai kelelahan, ada 14 petugas yang terpapar jadi petugas PMI sangat berkurang dan kami kewalahan jadi tolong bantu kami untuk memenuhi permintaan plasma ini,”ungkap dr.Rama.

Bagi penyintas COVID-19 yang ingin mendonorkan Palsma Konvalesen bisa langsung datang ke Kantor UDD PMI Kota Banjarmasin, Jalan S Parman, Kelurahan Antasan Besar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin yaitu di seberang Mako Polda Kalsel.

Calon pendonor sebelumnya akan diperiksa terkait sejumlah kriteria yang harus terpenuhi agar bisa mendonorkan plasma konvalesennya. Di antaranya sudah pernah terkonfirmasi positif COVID-19 dan sudah dinyatakan sembuh melalui surat keterangan resmi dari dokter atau rumah sakit.

Tidak mengalami gejala gangguan kesehatan minimal 14 hari setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan hasil pemeriksaan menunjukkan kadar antibodi yang diperlukan masih ada atau tinggi.

Pendonor juga disyaratkan tidak menerima transfusi darah selama tiga bulan terakhir.

Pendonor pun harus berusia antara 17 hingga 50 tahun dengan berat badan minimal 50 kg. (mdin's)

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Liberta Anastasia
  •   Tanggal : 07 Agu 2021

Share this

FOTO LAINNYA

00:00:00 / 00:00:00