Paribasa Dan Ungkapan Banjar, Refleksi Budaya "Salajur Manyalajur"

Foto : Net ilustrasi

KBRN, Banjarmasin : Satu kali kerja, beberapa persoalan terselesaikan. Satu kali jalan, mampu melakukan beberapa kegiatan sekaligus.

 Tidak hanya fokus pada satu hal, namun juga mampu membaginya dengan banyak hal lainnya, itulah yang dimaksud salajur manyalajur.

Salajur artinya satu jalur - lajur, satu arah. Sedangkan manyalajur, dari kata menyela, mengambil peluang waktu, menyisipkan.

 Salajur manyalajur, berarti mumpung satu arah, satu tujuan jalan, usahakan menyela, mengambil peluang waktu untuk menyelesaikan sesuatu.

Kalau arah ke kantor satu jalur dengan sekolah anak, bila waktunya bersamaan maka saat berangkat ke kantor, sekaligus mengantar anak ke sekolah.

 Kalau juga satu jalur dengan pasar, sekalian mengantar istri pergi ke pasar. Atau karena toko penjual beras satu jalur dengan penjual paku dan kain, maka saat berniat membeli beras, juga dititipi untuk membeli paku dan kain sekaligus. 

Tidak perlu satu persatu, membeli beras satu tujuan, paku satu tujuan dan kain satu tujuan. Cukup satu tujuan arah, namun menyelesaikan tiga maksud.

Efekif dan efisien, itulah makna dari  ungkapan ini. Mampu bertindak simpel, mudah, tidak ribet dan tidak membuang waktu. Memanfaatkan peluang dan waktu secara tepat. Tidak menyia-nyiakannya, sehingga tidak memakan biaya banyak.

Ungkapan ini ingin memberikan pelajaran tentang kemampuan mengelola waktu dan tenaga dalam bekerja. Faktor kebiasaan dan pengalaman, mengajarkan mampu mengerjakan banyak hal secara sekaligus dalam waktu persamaan. 

Agar bisa melakukan seperti itu, ilmu manajemen mengajarkan agar setiap memulai pekerjaan harus merencanakannya. 

Menyusun secara rinci apa yang akan dilakukan, sehingga sudah terdata rapi apa yang semestinya dikerjakan sesuai urutan waktunya. 

Hanya saja, ketika pengalaman dan pengetahuan sudah sangat mumpuni, perencanaan dan konsep sudah tersusun otomatis dalam otak ketika akan mengerjakan sesuatu. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00