Milad Ke-516 Kesultanan Banjar "Benteng Melawan Budaya Negatif Luar"

KBRN, Banjarmasin : Kentalnya adat dan kebudayaan Banjar begitu dirasakan dalam suasana peringatan milad, Kesultanan Banjar menggelar Milad ke - 516 di Banjarmasin, Minggu (13/06/21) siang.

Sultan Banjar, Sultan H Khairul Saleh Al-Mutasim Billah menyampaikan, sengaja mengangkat tema Meneguhkan Adat, Menegakkan Syara, Merawat NKRI.

Hal itu sebagai upaya penting untuk tetap menjaga dan melestarikan adat dan kebudayaan asli yang telah ada dan menjadi tradisi sejak Kesultanan Banjar berdiri.

Dimana menurutnya, adat dan budaya Kesultanan Banjar tak terlepas dari ajaran agama Islam.

Bukan hanya itu, dalam pelaksanaan tersebut, diharapakan terus menjunjung kebersamaan, persatuan, toleransi dan adat budaya agar bisa menjadi salah satu benteng melawan budaya negatif dari luar. 

"Untuk menegakkan syariat masyarakat kita yang agamis dan Islam sebagai agama resmi menjadi pegangan dan tujuan hidup. Dengan menegakkan budaya, Insyaallah NKRI akan terjaga dan aman," ungkap Sultan. 

Sultan Khairul Saleh pun berharap, perayaan milad ini menjadi tonggak kebangkitan Kesultanan  Banjar dan menjadi kebanggaan masyarakat adat Banjar.  

"Kesultanan ini kita bangkitkan sebagai spirit orang Banjar. Mudah mudahan kedepan Kesultanan Banjar ini menjadi kebanggaan bagi orang Banjar dimanapun berada," tutupnya. 

Dalam Milad ke - 516 Kesultanan Banjar juga diberikan gelar penganugerahan Keagungan kepada Sebanyak 34 tokoh di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00