Sepuluh Klien Pemasyarakatan Dapat Sertifikat Keterampilan

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi berikan sertifikat kepada Klien Pemasyarakatan. foto: istimewa

KBRN, Banjarmasin: Sepuluh Klien Pemasyarakatan mendapatkan sertifikat pelatihan keterampilan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan melalui Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin. 

Pemberian sertifikat kepada Klien Pemasyarakatan itu langsung diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi dilaksanakan Aula Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin.

Kegiatan yang bertajuk 'Membangun Manusia Mandiri, Mewujudkan Insan Berakhlak dan Porduktif' ini merupakan salah satu rangkaian Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77. 

Salah satu Klien Pemasyarakatan, Nur Hikmah mengaku sangat senang dengan pelatihan yang di dapat. 

"Kita mendapatkan keterampilan baru, seperti menjahit dan membuat kain sasirangan selama mengikuti kegiatan di Bapas Banjarmasin," ujarnya 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi menekankan bahwa tugas dan fungsi Pemasyarakatan bukan lagi hanya konsep penjagaan orang semata, melainkan perkara menjaga moral untuk berprilaku benar, baik dan bermanfaat. 

"Pemberian pelatihan kepada Klien Pemasyarakatan menjadi bekal untuk melanjutkan kehidupan yang baru dengan tiga hal utama yang harus dimiliki yaitu benar, baik dan bermanfaat," ujar Lilik,kepada wartawan. 

Dirinya juga mengungkapkan sebagai pusat pelatihan dan kreatifitas bagi Klien Pemasyarakatan, Bapas Banjarmasin harus dapat menjadi 'Pabrik Kebermanfaatan' yang siap untuk menghasilkan SDM yang memiliki skill dan melahirkan entrepreneur baru ditengah-tengah masyarakat. 

"Saya berharap pelatihan keterampilan kepada perwakilan Klien Pemasyarakatan yang siap mengaplikasikan kreatifitas dan keterampilan yang didapat sebagai bekal untuk kembali ke tengah-tengah masyarakat," harapnya. 

Terpisah, Plt. Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin, Muhammad Susanni yang mengawali dengan menyampaikan laporan kegiatan menuturkan bahwa sepanjang tahun 2022 Bapas Banjarmasin telah memberikan pelatihan kemandirian dan keterampilan bagi kurang lebih 180 orang Klien Pemasyarakatan. 

"Pelatihan kemandirian dan keterampilan yang diberikan meliputi pelatihan hidroponik, membuat kain sasirangan, menjahit dan membuat meubel, pelatihan pembuatan lampu hias, pelatihan pengelasan. Tujuannya untuk memberikan bekal kepada Klien Pemasyarakatan saat kembali ke tengah-tengah masyarakat setelahnya," tandasnya. 

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto, Kepala UPT se-Banjar Raya, perwakilan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Dinas Sosial Kota Banjarmasin dan Yayasan Rumah Kreatif Banjarmasin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar