Wujud Pemulihan Ekonomi, Yani Helmi Dorong Sektor Perikanan di Desa Rampa Kotabaru

Anggota DPRD Kalsel, Yani Helmi saat melakukan reses di desa Rampa Kotabaru

KBRN, Banjarmasin: Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Muhammad Yani Helmi, mendorong agar sektor perikanan di desa Rampa, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru, dapat terus ditingkatkan dengan mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah.

"Kita lihat rata-rata banyak masyarakat Desa Rampa Kotabaru yang mata pencahariannya sebagai nelayan mencari ikan. Nah, aspirasi apa yang menjadi pokok pikiran (pokir) akan diteruskan ke rumah banjar (DPRD Kalsel)," ujarnya, usai mendengar aspirasi warga Desa Rampa, Pulau Laut Utara, Kotabaru, baru-baru tadi.

Saat ini, menurutnya, potensi perikanan pada sektor kelautan di Kotabaru cukup memberikan respon besar terhadap perekonomian masyarakat pesisir salah satunya di Desa Rampa dan sekitarnya.

"Meski sektor wisata sudah mulai digenjot, tetapi, jati diri sebagai pemasok utama perikanan bagi warga tentu jadi perhatian di Komisi II DPRD Kalsel. 

"Meski begitu, pasar ikan masih tetap dipertahankan hingga saat ini. Artinya, sektor perikanan masih menjadi komoditi nomor satu di daerah tersebut," imbuhnya.

Terlebih, menurut dia, sektor perikanan mampu sebagai penguat kebangkitan usaha para nelayan untuk membantu memenuhi kebutuhan stok ikan di Kalsel.

"Jelas, potensi ini harus didukung penuh sebagai bentuk peningkatan ekonomi nelayan untuk pemulihan," ungkapnya.

Tak sampai disitu, dia menginginkan kesejahteraan nelayan pesisir yang merupakan Dapilnya itu mampu terjamin sebagaimana terus mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah.

"Karena itu lah fungsi Komisi II DPRD bermitra dengan Dislautkan Kalsel bertujuan agar nelayan bisa sejahtera," imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Desa Rampa, Tiara mengaku, bahwa sektor perikanan di Desa Rampa cukup berpotensi memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat pesisir terbebih ikan yang diasinkan.

"Memang mayoritas untuk hasil melimpah di laut adalah perikanan. Kami berharap terus mendapat dorongan serta dukungan dari pemda dan legislatif," ucapnya.

Ia berharap dengan adanya perhatian serta dorongan anggota legislatif Kalsel ini setidaknya mampu memberikan semangat kepada masyarakat serta berdampak positif terhadap ekonomi di Kotabaru.

"Kami dari Pemdes Rampa Kotabaru mengucapkan terima kasih atas kunjungannya oleh Paman Yani untuk melihat kondisi di lokasi ini sebagai bentuk perhatiannya terhadap sektor perikanan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar