Komisi IV DPRD Kalsel: Kembangkan Perpustakaan Berbasis Desa

Istimewa

KBRN, Banjarmasin: Komisi IV DPRD Kalsel mendorong agar minat baca di banua dapat terus meningkat dengan cara membangun perpustakaan dan mengembangkan perpustakaan berbasis desa.

Hal ini Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel, Firman Yusi setelah melakukan kunjungan kerja ke perpustakaan kampung pintar Desa Masukau, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, beberapa waktu lalu.

Bukan tanpa alasan kunjungan ke tempat tersebut, karena perpustakaan kampung pintar Desa Masukau pernah memenangkan aktivitas yang ada di perpustakaan dan pernah mewakili lomba perpustakaan umum desa di kancah nasional.

"Kami ingin melihat secara langsung aktivitas yang ada di perpustakaan," ujarnya.

Selain itu, pihak juga ingin menyerap aspirasi dari masyarakat desa serta pengelola perpustakaan tentang bagaimana kerja sama yang dapat dilakukan oleh desa bersama jajaran pemerintah di atasnya dari kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

Sebab kata Firman dengan kerja sama yang baik dari berbagai steakholder ke depan mampu mengembangkan perpustakaan berbasis desa di wilayah-wilayah lain agar efisiensi pertumbuhan minat baca dapat maksimal.

Hal senada disampaikan anggota Komisi IV DPRD Kalsel, DR Abd Hasib Salim bahwa kegiatan semacam ini patut untuk dicontoh desa-desa lain dengan alokasi dana desa yang ada. Sehingga tidak hanya fokus pada infrastruktur pembangunan, namun juga dalam sektor pembangunan manusianya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga akan menyampaikan hasil dalam kunjungan kerja kepada pihak-pihak terkait agar hal semacam ini mendapatkan perhatian yang khusus, sebagai dukungan untuk membangun SDM yang lebih baik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar