Resep Kue Rangai Khas Banjarmasin

KBRN, Banjarmasin : Kue rangai merupakan salah satu makanan ringan tradisional Kota Banjarmasin yang terbuat dari bahan dasar parutan kelapa kemudian dicampurkan dengan tepung beras dan gula. Di Kota Banjarmasin, kue rangai biasanya dihidangkan dalam acara adat maupun formal sebagai jajanan suguhan.

Penampilan kue rangai hampir memiliki kemiripan dengan wingko babat khas Kota Semarang namun terdapat perbedaan pada rasanya.

Selain itu kue rangai juga memiliki keunggulan yakni rendah lemak, karena proses pembuatannya yang dipanggang.

Kue rangai biasanya dihidangkan sebagai camilan dan cocok dikonsumsi saat bersantai sambil dikombinasikan dengan minuman hangat berupa teh ataupun kopi.

Saat ini kue rangai mulai dijadikan sebagai salah satu buah tangan khas Kota Banjarmasin sehingga bisa dengan mudah ditemui di beberapa pusat oleh-oleh dengan harga yang relatif terjangkau. Kemasannya pun telah dibuat semenarik mungkin dengan menggambarkan kekhasan kota Banjarmasin maupun Kalimantan Selatan sebagai identitas tersebut. 

Bahan-bahan yang di perlukan:

* Setengah butir kelapa agak tua yang sudah dikupas dan diparut

* 1 ons tepung

* 1 ons ampas kelapa

* ¼ gula merah yang sudah di parut

* ¼ sendok teh garam

Langkah pembuatan:

1. Setelah semua bahan yang diperlukan sudah siap, kalian tinggal mencampur kelapa parut dan tepung sagu, ampas kelapa dan garam kemudian aduk sampai rata.

2. Selanjutnya panaskan wajan dengan diameter 12 cm di atas api lalu taruh kurang lebih 1 sampai 2 sendok makanan adonan didalamnya sembari diratakan sampai tipis.

3. Kemudian masak rangai tersebut hingga kering dan matang, kemudian taburi permukaan rangai dengan gula merah dan lipat menjadi dua.

4. Selanjutnya lakuakan proses penggorengan ini sampai adonan habis. Angkat dan tiriskan dan tata di atas piring saji.

5. Kue rangai khas kalimantan sudah siap saji.(Rini Apriliani)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar