Rabuk Ikan Gabus (Haruan), Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

KBRN, Banjarmasin : Halo sobat,  biasanya Kamu yang suka traveling keluar kota bahkan keluar negeri pasti gak asing dengan namanya oleh-oleh. Nah, kebetulan ada makanan yang cocok banget buat kamu sehabis jalan-jalan untuk dibawa pulang. Yap, Sebut aja “rabuk”.

Rabuk merupakan makanan khas Banjarmasin yang berbahan dasar ikan. Makanan yang sejenis abon ini diolah dari ikan gabus. Rasanya yang gurih dan sedikit manis cocok banget kamu konsumsi bareng dengan nasi.

Bukan hanya itu saja, rabuk  kerapkali  dijadikan oleh-oleh bagi banyak wisatawan. Kamu pun bisa membelinya dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh khas Banjarmasin. Harga satu plastik rabuk ikan berkisar Rp30.000 - Rp50.000  tergantung dari ukuran dan merek rabuk yang kamu beli.

Sebelum kamu membeli rabuk ikan gabus khususnya, ada baiknya kamu menyimak beberapa hal terkait ikan gabus (haruan bahasa banjar).

Menurut beberapa studi, ikan gabus memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi dibanding jenis ikan konsumsi lainnya. Ikan gabus memiliki kandungan protein sekitar 25,5 persen. Jumlah ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan mas (16 persen), ikan bandeng (20 persen), ikan kakap (20 persen), atau ikan sarden (21,1 persen).

Mengutif dari laman hellosehat.com Ikan gabus  terkenal akan kandungan albumin, yakni protein di plasma darah yang fungsinya menjaga cairan dalam darah tidak bocor ke jaringan lain. Protein ini juga membantu membawa berbagai zat ke seluruh tubuh, seperti hormon, vitamin, dan enzim.

Albumin juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut adalah beberapa khasiat dan manfaat ikan gabus yang mengejutkan dan perlu Anda ketahui.

1. Membantu pertumbuhan dan pembentukan otot latihan kekuatan otot

Ikan gabus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan yang terdapat jenis ikan air tawar lain, seperti ikan lele, ikan mas, atau ikan nila. Bahkan kadar proteinnya bisa menyaingi sumber protein hewani lain, seperti daging sapi, ayam, atau telur.

Anda bisa memperoleh sekitar 16,2 gram protein dengan mengonsumsi 100 gram ikan gabus. Coba Anda bandingkan dengan kadar protein per 100 gram penyajian yang terdapat pada daging sapi (17,5 gram), ayam (18,2 gram), maupun telur (12,4 gram).

Kandungan protein yang tinggi dalam ikan gabus memiliki berbagai khasiat menguntungkan bagi perkembangan tubuh. Salah satunya membantu proses pertumbuhan dan pembentukan otot pada tubuh Anda.

2. Mempercepat penyembuhan luka pasca-operasi

Daging ikan gabus memiliki kandungan zat albumin yang sangat tinggi. Perlu Anda ketahui, albumin adalah salah satu jenis protein yang memiliki segudang manfaat, salah satunya sangat penting dalam proses penyembuhan luka.

Studi yang dilakukan peneliti Universitas Hasanuddin Makassar menemukan pemberian kapsul konsentrat ikan gabus selama 14 hari sebesar 0.7 g/dl bisa mempercepat penyembuhan luka pada pasien pasca-operasi, termasuk luka pasca-persalinan caesar.

Kandungan albumin ikan gabus akan membantu meningkatkan kadar albumin tubuh menjadi normal. Sementara pada pasien rawat inap, ikan gabus bermanfaat untuk mempertahankan nilai albumin sehingga membantu proses penyembuhan.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga memiliki fungsi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jika kondisi cairan dalam tubuh Anda berkurang, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi secara normal.

Selain itu, albumin juga membantu menjaga cairan dalam darah agar tidak bocor ke jaringan tubuh lainnya. Jika tubuh Anda kekurangan albumin (hipoalbuminemia), akibatnya cairan bisa bocor ke jaringan lain, seperti kondisi asites yang berupa penumpukan cairan antara selaput dinding perut dan organ dalam.

Normalnya, 60 persen plasma darah terdiri dari kandungan albumin. Manfaat mengonsumsi ikan gabus salah satunya adalah untuk meningkatkan dan menjaga kadar albumin dalam tubuh.

4. Memperbaiki gangguan gizi buruk

Manfaat ikan gabus juga dapat memperbaiki kondisi gizi buruk yang banyak dialami oleh bayi, balita, anak-anak, maupun ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh kekurangan albumin dalam tubuh (hipoalbuminemia) yang menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Nah sobat, ternyata banyak manfaat dari ikan gabus. Sekarang pasti penasarankan bagaimana sensasi makan rabuk haruan atau gabus, yuk yang berkunjung ke Banjarmasin jangan lupa yah untuk mencobanya. (A.Syawaluddin)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar