Masih Pendemi, Lomba 17 Agustusan Dihimbau Secara Virtual

Lomba Makan Kerupuk (foto Net).

KBRN, Banjarmasin : Kegiatan Lomba 17 Agustus selalu identik dengan suasana meriah, mulai dari dekorasi, hiasan bendera merah putih terpasang di tempat publik.

Namun ditengah pandemi Covid-19, 17 Agustus tahun ini nampaknya agak sedikit berbeda.

Masyarakat diimbau pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga jarak fisik (physical distancing).

“Terkait dengan pelaksanaan lomba-lomba, diminta untuk ditiadakan,” kata Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Kamis (13/8/2020).

Hal itu berdasarkan imbauan tentang Pedoman Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di situasi pandemi Covid-19, yaitu tidak merayakan peringatan dengan kegiatan yang mengumpulkan massa.

“Sudah kita imbau 10 hari lalu, tidak usah ada lomba-lomba seperti makan kerupuk, panjat pinang, lomba lari karung. Kecuali, yang dapat digelar secara virtual. Seperti lomba menyanyi lagu perjuangan, yang dapat dilakukan baik melalui radio, televisi maupun media sosial,'' terang Ibnu.

Terkait imbauan ini, Ibnu telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk menyampaikan kepada masyarakat yang dibantu oleh RT dan RW.

Langkah ini kata Ibnu, tak lain sebagai upaya mencegah penularan Covid-19 yang kini maaih berstatus zona merah di kota Banjarmasin.

"Namun, jika masih ada didapati melaksanakan kegiatan lomba yang mengumpulkan massa. Kita akan bubarkan," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00