Warga Pangandaran Buat Lorong Merah Putih Sambut HUT RI ke 77

Lorong Merah Putih di Pangandaran (Dok,Pemkab Pangandaran)

KBRN, Pangandaran : Berbagai cara warga dalam menyambut HUT ke-77 Republik Indonesia. Seperti warga Dusun Cihideung, Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, berinovasi dengan membuat lorong merah putih dari umbul-umbul.

Umbul-umbul berwarna merah putih sebanyak 75 buah tersebut dipasang di jalan sepanjang 300 meter. Inovasi warga ini mendapat perhatian dan apresiasi dari Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran. Ketua RT 03 Diding mengatakan ide pembuatan lorong merah putih ini awalnya hanya satu gang saja. Tetapi setelah terpasang akhirnya semua gang lainnya pada mengikuti.

“Jumlah lorong umbul-umbul merah putih sekarang sudah ada 75 buah umbul umbul. Panjang jalan yang sudah terpasang umbul-umbul sepanjang 300 meter. Semua gang dan jalan lingkungan RT 03 RW 06 Dusun Cihideung ini,” katanya, Kamis(11/8/2022).

Warga tidak kesulitan dalam mendapatkan umbul-umbul merah putih itu. Mengingat ada warga yang memiliki usaha konveksi.

“Kami memberdayakan penjahit lingkungan sini. Pembiayaannya secara swadaya atau patungan. Alhamdulillah ternyata saling mendukung,” ungkapnya.

Menurut Diding, lorong merah putih sepanjang 300 meter itu kini menjadi perhatian dan daya tarik. Banyak warga luar kampung yang datang untuk berfoto dan mengunggahnya ke media sosial.

“Termasuk ibu Bupati Kabupaten Pangandaran juga sudah melihat ke sini. Jelas kami merasa terharu dan bangga momen agustus ini tetap semangat menyambut hari kemerdekaan RI yang ke 77 tahun,” pungkasnya.

Ketua TP PKK Pangandaran Ida Nurlaela yang juga istri Bupati Pangandaran menyebut tahun ini warga dengan sukacita menyambut HUT ke-77 RI. Mengingat pandemi sudah mulai mereda dan Pangandaran masuk level 1.

“Warga kini lebih semangat dan begitu meriah. Saya apresiasi inovasi ini. Ini potensi luar biasa dengan menciptakan kegiatan positif dan inspiratif,” ujar Ida.

  •  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar