PeJalan Alternatif Panaruban - Sagalaherang Subang, Rusak

Kondisi Jalan Alternatif Panaruban Sagalaherang Rusak Berat Sehingga Dikeluhkan Para Pengguna Jalan (Foto Dok/Pemdes Cicadas)

KBRN, Subang: Sejumlah pengendara roda dua, dan roda empat mengeluhkan jalan milik Kabupaten Subang, y di Kampung Panaruban Desa Cicadas Kecamatan Sagalaherang, yang  kondisinya  rusak berat.

Jalan tersebut banyak bebatuan dan aspalnya sudah terkelupa, sepanjang 1 km. Ruas jalan itu merupakan jalur alternatif yang bisa menembus pusat wisata yang berada di Kecamatan Ciater.

Salah seorang pengendara sepeda motor asal Kabupaten Purwakarta, Deden (30) mengatakan, jalan alternatif tersebut sering ia gunakan, karena menghindari jalur utama menuju Ciater yang selalu padat saat hari libur.

Selain itu, jalur Cicadas -Sagalaherang ini  dinilai lebih dekat dibanding melewati jalur utama.

"Kalau mau liburan ke Bandung, saya pasti lewat jalur ini, soalnya setiap Sabtu sama Minggu jalur Lingkar Jalancagak, yang mau ke Ciater pasti ramai dan jauh. Jadi saya mending hindarin jalur utama," ujar Deden.

Deden menambahkan, rusaknya jalan tersebut, sering membuat ban kendaraannya bocor, karena  bebatuan yang tajam.

"Selama melewati jalur ini, sudah dua kali ban motor saya bocor, bahkan saya juga sempat mau jatuh karena jalan banyak batu," terangnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh pengendara sepeda motor lainnya asal Subang, yakni, Nurul (23). Menurutnya, jalan kabupaten itu sudah rusak dalam beberapa tahun terakhir.

"Setahu saya, kurang lebih tiga tahunan jalan ini rusak. Pernah sempat dibetulin waktu sebelum lebaran kemarin, cuman setau saya cuman ditambal aja jalan yang rusaknya. Mudah-mudahan cepat diperhatikan sama pemerintah. Soalnya saya juga sering lewat sini, kalau mau liburan ke Bandung, atau main ke rumah saudara," ucap Nurul.

Maka dari itu, Nurul meminta kepada pihak terkait, khususnya Pemerintah Kabupaten Subang, untuk segera memperbaiki jalan rusak tersebut.

"Harapannya sih, semoga lebih diperhatikan lagi sama Pak Bupati," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cicadas Dedi Junaedi menyatakan, belum lama ini pihaknya sudah melaporkan jalan rusak tersebut, kepada Bupati Subang Ruhimat. 

"Keluhan dari masyarakat, terhadap rusaknya jalan di Desa Cicadas ini, sudah saya sampaikan ketika ada acara halal bihalal bersama Bupati Subang Bapak Ruhimat," ungkap Dedi. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Subang menyampaikan dan berjanji akan memperbaiki jalur alternatif, menuju objek wisata Ciater itu, dalam waktu dekat.

"Alhamdulillah ada tanggapan kata Pak Ruhimat, segera akan diperbaiki, mudah-mudahan secepatnya jawaban dari beliau begitu," jelasnya.

"Saya juga sebenarnya kasian melihat masyarakat yang terus menyuarakan, tentang jalan rusak ini, In Syaa Allah, saya sampaikan keluhannya kepada pihak yang terkait, soalnya ini kan jalan kabupaten bukan jalan desa, karena ini merupakan jalan alternatif, saya harap segera ada perhatian dari pihak terkait," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar