Pemkab Tasikmalaya Turunkan Tim, Periksa Hewan Kurban

"Kepala Bidang Peternakan, dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (Disperpakan) Kabupaten Tasikmalaya, Heri Kusdiana," (Foto : Nova Noegraha/ RRI)

KBRN, Tasikmalaya :  Menjelang Iduladha, Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (Disperpakan) Kabupaten Tasikmalaya, menurunkan tim untuk memeriksa kesehatan hewan Kurban.

35 anggota tim ini, akan melakukan pemeriksaan hewan kurban, guna mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Bidang Peternakan, dan Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan (Disperpakan) Kabupaten Tasikmalaya, Heri Kusdiana, menjelaskan, tim inu akan bekerja sebelum dan sesudah hewan kurban dipotong.

"Sebelumnya kami sudah mulai melakukan peneriksaan. Kali ini, lebih intensif," kata Heri kepada RRI, Senin (4/7/2022).

Ia menuturkan, kewaspadaan akan PMK terus ditingkatkan. Terlebih, saat ini mendekati iduladha, temuan kasus PMK juatru meningkat.

"Ya meningkat hingga 296 kasus. Tersebat di 20 kecamatan," ungkapnya.

Akan tetapi, Heri memastikan, masyarakat tidak perlu cemas dengan kondisi ini, sebab hewan kurban yang ada, tentunya aman dari PMK.

"Masyarakat sudah paham memilih hewan kurban, pasti yang terbaik. Daging sapi PMK masih bisa dikonsumsi dengan cara memasak yang benar. Kecuali untuk bagian kepala, kaki, dan jeroan, sebaiknya tidak dikonsumsi," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar