Keren, , Pangandaran Bakal Mempunyai Pusat Obeservasi Bulan

Kemenag Pangandaran saat meninjau lokasi pembangunan observasi bulan di Pangandaran (Dok. Kemenag Pangandaran )

KBRN, Pangandaran : Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat bakal punya Pusat Observasi Bulan (POB) yang berpotensi menjadi wisata edukasi. Lokasi POB ini nantinya akan dibangun di Dusun Pasirilah, Desa Kertamukti, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran H Supriana mengatakan, meskipun POB di Pangandaran untuk kegiatan observasi bulan, namun berpotensi menjadi wisata edukasi astronomi bagi masyarakat.

“Saya ingin meyakinkan masyarakat Desa Kertamukti, meskipun POB ini untuk berbagai kegiatan observasi seperti rukyat hilal awal Ramadan, Syawal, Dzulhijjah dan kegiatan perfalakiyah-an lainnya, namun POB juga bisa menjadi wisata edukasi astronomi,” kata Supriana saat meninjau lokasi yang akan jadi tempat pembangunan POB, Kamis (30/6/2022).

Apalagi, lanjut Supriana, ketika gedung POB representatif dan pengelolaannya baik, maka akan jadi daya tarik bagi pelajar dan mahasiswa.

“Saat nuansa keilmuannya sudah terasa, edukasinya ada, bakal banyak (wisatawan) yang datang ke sini. Sebab ini namanya wisata edukasi astronomi yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah,” katanya.

Supriana juga menyebut, kehadiran Pusat Observasi Bulan di Pangandaran ini akan berdampak pada perekonomian warga sekitar.

“Insya Allah POB ini akan menjadi multiple effect yang berpengaruh terhadap masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara itu, dari 99 titik pemantauan hilal di Indonesia, Bukit Pasirlasih Kertamukti merupakan salah satu titik untuk menentukan awal Ramadan dan Syawal 1443 Hijriah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar