Balai Rehab Narkoba, Kajari : Pilot Proyek di Priangan Timur

KBRN, Garut : Kepala Kejaksaan Negeri Garut, Neva Sari Susanti mengatakan, Kabupaten Garut telah siap menyediakan sarana prasarana berupa Balai Rehabilitasi Adhyaksa  untuk rehabilitasi para pecandu narkoba yang ada di Kabupaten Garut dan Priangan Timur.

Ia menyampaikan, Balai Rehabilitasi Adhyaksa khusus narkoba ini merupakan pilot proyek di wilayah Priangan Timur, dan dapat menjadi rujukan pasien narkoba dari daerah lainnya, seperti dari Tasik, Ciamis, Banjar dan Sumedang.

"Kalau kapasitasnya yang saya ketahui ada 8 kamar, dengan jumlah "bed" itu sekitar 16 jadi nanti bisa rawat inap dan rawat jalan," katanya, di Balai Rehabilitasi Adhyaksa, Cimurah Karangpawitan, Garut, Jumat (1/7/2022).

Neva memaparkan, peran Kejaksaan Negeri dalam hal penyalahgunaan adalah sebagai jaksa penuntut umum yang mengendalikan perkara, di mana terdapat azas "dominus litis" yang tercantum dalam Pasal 139 KUHP, dimana didalamnya tertulis apabila suatu perkara sudah dinyatakan selesai dan lengkap, maka kejaksaan memiliki hak untuk melanjutkan ke pengadilan atau tidak.

"Nah untuk itu kami menyelesaikannya dengan keadilan "restorative justice"," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar