Kemensos Rehabilitasi Rutilahu di Tasikmalaya

KBRN, Tasikmalaya : Kementrian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia merehabilitasi 11 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), di Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

Selain perbaikan Rulitahu dari Atensi Asistensi Rehabilitasi Sosial ini, juga ditambah dengan bantuan kebutuhan Prabot dan Sembako.

UPT Dirjen Reshabilitasi Sosial Kemensos RI Subhan Kadir menjelaskan, selain perbaikan Rutilahu, 413 penerima manfaat juga menerima bantuan atensi paket tambahan nutrisi, obat, sandang, alat aksesibilitas kursi roda dan tongkat hasil asistensi.

"Ya selain perbaikan Rutilahu, ada juga bantuan tambahan," kata Subhan melalui rilis yang diterima RRI, Sabtu (28/5/2022).

Kegiatan rehabilitasi belasan Rutilahu ini, merupakan bagian rangkaian kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) tahun 2022. Tidak hanya rehabilitasi Rutilahu, puncak rangkaian HLUN 2022 di Kabupaten Tasikmalaya ini, akan diisi dengan kegiatan Senam Lansia, pemeriksaan kesehatan,  perekaman E-KTP,  pameran produk Lansia, serta hasil UKM Produktif.

"Setiap kecamatan ada kegiatan ini. Nanti ada telekonfrensi dari seluruh kecamatan," tambah Subhan.

Dalam kegiatan ini lanjut Subhan, masyarakat dilibatkan secara aktif. Mulai penyediaan dari makanan, termasuk kegiatan gotong royong untuk perbaikan Rutilahu.

"Semua produk masyarakat sekitar. Jadi semua dilibatkan," ucapnya.

Sementara itu Yayah (61) warga Desa Cisayong, mengaku senang mendapat bantuan Rehabilitasi Rutilahu.

"Rumah yang saya tempai bersama Ibu, dan dua anak saya sudah tidak layak. Bahkan mau rubuh," katanya.

Yayah yang sudah tingga selama 40 tahun di desa setempat, belum pernah mendapat bantuan perbaikan rumah. Meskipun, beberapa kali melalui desa sudah mengajukan permohonan bantuan perbaikan rumah.

"Baru kali ini. Terima kasih ibu Mentri Sosial. Ini sangat berarti bagi kami. Kami bisa tinggal dengan tenang, tanpa ketakutan rumah akan rubuh," pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar