Ratusan Mahasiswa Unibba Diwisuda

Para Dewan Senat Unibba Kab Bandung, saat mewisuda 280 mahasiswa 2022 (Foto: RRI/Rengga)

KBRN, Bandung: Sebanyak 280 mahasiswa Universitas Bale Bandung (Unibba), mengikuti kegiatan wisuda ke XIII, tahun akademik 2020/2021.

Unibba yang merupakan salah satu kampus berkualitas di Kabupaten Bandung, melaksanakan wisuda tersebut bertepatan dengan Dies Natalis ke-14, di Hotel Sutan Raja, Soreang, Sabtu (28/5/2022).

Dalam kesempatan itu Rektor Unibba, Dr. Ir. H. Ibrahim Danuwikarsa, M.S., mengatakan bahwa Unibba setiap tahun menyiapkan lulusan terbaik yang siap berperan aktif di masyarakat, untuk mengamalkan ilmu yang didapat selama kuliah.

"Insya Allah, kami menyiapkan lulusan yang kompeten. Kurikulum kami disesuaikan agar link and match dengan dunia kerja dan industri," kata Iim, sapaan akrab Rektor Unibba. 

Lanjut Rektor, Unibba terus meningkat kompetensi dosen dan tenaga kependidikan untuk menunjang kemajuan kampus yang dipimpinnya.

Hal tersebut juga untuk mendukung program pemerintah melalui Kemendikbudristek mengaplikasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Termasuk dengan pemanfaatan teknologi digital, menyesuaikan perkembangan jaman bagian dari transformasi di era 4.0.

Untuk itu kata Iim, dalam implementasinya Unibba terus melakukan berbagai kerjasama dengan berbagai instansi dan perguruan tinggi.

"Mulai tahun ini kami akan melaksanakan revitalisasi kurikulum yang dinamis mengikuti perkembangan zaman,terus meningkatkan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan, meningkatkan jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat, serta karya ilmiah," kata Iim.

Di samping itu ada peningkatan kegiatan ekstrakurikuler bagi mahasiswa untuk pengembangan kepemimpinan dan bekerjasama dalam tim, serta peningkatan atau konversi akreditasi program studi.

Hal tersebut kata Iim, setelah Unibba berhasil meningkatkan akreditasi Institusi perguruan tinggi Unibba menjadi baik sekali pada tahun lalu.

"Selamat kami sampaikan kepada seluruh wisudawan dan wisudawati, juga para orangtua yang berbahagia atas pencapaian para wisudawan dan wisudawati yang telah tuntas menyelesaikan studinya di Universitas Bale Bandung," kata Iim.

Dalam pidatonya Iim juga mengucapkan selamat kepada lulusan Unibba tahun ini, berharap mereka bisa menjadi kebanggaan almamater sekaligus mengabdi bagi nusa, bangsa dan agama. 

"Dengan meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa kami, intinya para mahasiswa menerima kepuasan dan menginformasikan kepada masyarakat informasi yang baik mengenai Unibba," kata Iim.

Yulia Rachmawati dari Fakultas Ekonomi, Program Studi Akuntansi, yang menjadi lulusan tebaik Unibba, menjelaskan bahwa dirinya nggak nyangka bisa menjadi yang terbaik dengan IPK 3,98.

"Saya berusaha membuat melakukan yang terbaik," kata Yulia.

Dirinya juga mengatakan selama berkuliah banyak ilmu yang didapat termasuk skill dan softskillnya.

"Alhamdulillah saya bersyukur bisa berkuliah di Unibba," kata Yulia, usai acara wisuda.

Masih kata Yulia, Unibba sebagai kampus berkualitas di Kabupaten Bandung, memiliki fasilitas memadai untuk proses perkuliahan.

"Dosen-dosennya sudah mumpuni di bidangnya. Terus saya juga dikasih saran untuk berkuliah lagi untuk bekal ke depan," kata Yulia yang kini sudah bekerja di Konsultan Pajak.

Yulia pun mendoakan akan Unibba ke depan agar bisa meningkatkan fasilitas perkuliahan yang lebih baik, sehingga metode pembelajaran bisa tersampaikan lebih optimal.

Sedangkan R.H. Firman B Sumantri, MBA, Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Bale Bandung, mengatakan, bahwa pihaknya akan memberikan dukungan untuk memajukan Unibba, menjadi kampus yang berkualitas.

Di antaranya dalam hal pemenuhan kebutuhan teknologi, disesuaikan dengan kebutuhan fakultas juga akan memperbaiki yang ada.

"Jangan hanya berangan-angan, yang baik kita perbaiki terus dan tingkatkan. Akan mencari lokasi yang lebih baik bukan merelokasi. Kita bisa meningkatkan mutu kualitas, kami ingin membuat program yang lebih tinggi yakni program S2," pungkasnya.

Dalam kegiatan itu Kegiatan wisuda Unibba juga dihadiri oleh pejabat Kabupaten Bandung,  

Agar diketahui Unibba memiliki 7 fakultas dan 12 Prodi, yaitu:

Fakultas Pertanian (Prodi Agribisnis, Prodi. agroteknologi); Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan (Prodi Pendidikan bahasa dan sastra indonesia, Prodi Pendidikan bahasa inggris, Prodi pendidikan geografi, pendidikan IPS); Fakults Teknologi informasi (Prodi Teknik informasi, Prodi Sistem informasi); Fakultas Ilmu sosial dan ilmu pemerintahan (Prodi Ilmu pemerintahan); Fakultas Ekonomi (Prodi. Akuntansi); Fakuktas Matematika dan ilmu pengetahuan alam (Prodi Matematika); serta Fakuktas Ilmu kesehatan (Prodi ilmu keperawatan).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar