DAHANA Kolaborasi Tangani Kusta di Kecamatan Cibogo Subang

DAHANA Bantu Penyembuhan Kusta Di Masyarakat Cibogo (Foto Dok/DAHANA)

KBRN, Subang : Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) DAHANA berkolaborasi, dengan NLR International, Jabar Bergerak, serta UPTD Puskesmas Kecamatan Cibogo, kampanye pemberantasan kusta di Desa Padaasih, dan Desa Sadawarna, Jumat (27/5/2022). Kampanye ini juga dilakukan untuk menghilangkan stigma terhadap penyintas.

Camat Cibogo Sri Novita mengungkapkan, pada tahun 2021 di Cibogo ditemukan ada 29 kasus kusta. Sehingga, untuk menanganinya membutuhkan kerjasama, dan kolaborasi dari berbagai pihak, agar Subang Zero Kusta.

Penyandang kusta lanjut Sri Novita, kerap kali mendapatkan stigma dari masyarakat. Sehingga mempersulit proses penyembuhan, dan CIbogo dengan kampanye yang rutin berhasil melakukan pemulihan kepada penyintas.

“Di Desa Padaasih terdapat sembilan orang penyandang, dan lima sudah menuntaskan tahap penyembuhan, sehingga tidak berpotensi menularkan kusta kepada masyarakat lain, empat orang sisanya insya Allah akan segera pulih,” ungkap Sri Novita dalam press rillis yang diterima RRI di Subang, Jumat (27/5/2022).

Hal tersebut disambut baik oleh, Direktur NLR International, Linda Hummel. Dalam sambutannya, Ia mengatakan, pemberantasan kusta sudah menjadi perhatian internasional. Ia juga mengapresiasi program kolaborasi seluruh entitas di Kabupaten Subang, yang telah bekerjasama untuk mewujudkan dunia tanpa kusta.

“Selamat kepada warga kecamatan Cibogo, yang telah berhasil memerangi kusta, pengalaman ini akan saya ceritakan kepada warga dunia, bahwa memerangi kusta adalah hal yang mungkin, dan dapat kita menangkan. Seperti yang telah berhasil dimenangi oleh warga Desa Padaasih, dan Sadawarna ini,” ujar Linda.

PT DAHANA kata Ketua TJSL DAHANA Eman Suherman. merupakan entitas bisnis yang bergerak di industri bahan peledak, yang dipercaya sebagai ketua Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Subang. Berkali-kali menyelenggakan kegiatan kampanye pemberantasan kusta, sekaligus menghapuskan stigma penyintas.

Selain kampanye, juga memberikan bantuan pengobatan gratis. DAHANA juga tambah Eman, turut memulihkan penyintas dengan memberikan bantuan permodalan usaha.

“Perusahaan berkomitmen, untuk mewujudkan Subang Zero Kusta, semua hal akan dilakukan, agar warga penyintas dapat segera pulih, dan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Kami berbahagia, atas kolaborasi yang terjalin selama ini, dapat memberikan kesembuhan bagi beberapa penyintas, dan mudah-mudahan seluruh penyandang dapat segera pulih,” pungkas Eman.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar