Kompleksitas Pemilu 2024, Bawaslu Bangun Sinergitas Dengan Media

"Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin (kedua dari kiri) memberi sambutan pada acara diskusi dengan sejumlah perwakilan awak media di Tasikmalaya," (Foto : Nova Noegraha/ RRI)

KBRN, Tasikmalaya : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya  berdiskusi dengan sejumlah perwakilan awak media, membahas persiapan menghadapi Pemilu 2024.

Hajat politik tahun 2024 nanti, diprediksi Bawaslu Kota Tasikmalaya, menjadi salah satu pesta demokrasi yang penuh kompleksitas.

Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Ijang Jamaludin menjelaskan, Bawaslu bersinergi dengan media bersama - sama memilah informasi, agar Pemilu berjalan kondusif, serta bagaimana bisa bersama- sama mengemas informasi yang mengedukasi.

"Yang selanjutnya, kami Bawaslu butuh input dari teman- teman media, termasuk penyelenggara lainnya. Melalui media kami bisa membagikan informasi mengenai produk hukum kami, tahapan dan berbagai informasi yang harus diketahui publik," jelas Ijang kepada RRI, Jumat (27/5/2022).

Ijang memastikan relasi yang dibangun bersama media, tentunya tidak akan membatasi ruang gerak media.

"Makanya kami tidak ingin relasi ini diwadahi suatu forum mengikat. Katakanlah Pokja. Disini kami justru butuh masukan. Jadi secara objektif butuh masukan dari media," katanya.

Selain itu Ijang juga berharap, di era media sosial, dimana musuh terbesar bersama adalah hoax, Bawaslu tentunya bisa bersama media, mengantisipasi dampak berita bohong yang cepat tersebar.

"Generasi saat ini dekat dengan media sosial. Mereka tentunya akan mudah menerima informasi ini tanpa filtrasi. Ini pun menjadi sarana penyebarab hoax. Saya pikir, sisi ini bisa disentuh media, untuk meluruskan infornasi yang ada," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar