Persoalan Aliran Sungai Cipanggilingan Masih Harus Diselesaikan

Aliran Sungai Cipanggilingan Dipenuhi Sampah (Foto Ruslan Effendi/RRI)

KBRN, Subang: Meski baru selesai rapat briffing staf di Kantor Bupati Subang, Senin (23/5/2022), namun sejumlah pejabat tersebut, langsung meninjau aliran sungai Cipanggilingan, yang dipenuhi sampah yang diduga dari eks TPA Panembong.

Nampak para pejabat yang hadir di lokasi, mulai dari Lurah Soklat, Plt. Camat Subang Kota, Perwakilan dari DLH, dan BPBD Kabupaten Subang.

Terkait hal itu, Plt. Camat Subang Sumardi mengatakan, kondisi sungai Cipanggilingan sudah masuk level darurat. Karena selain dugaan dicemari sampah eks TPA Panembong, juga dikotori oleh material lumpur dan pasir, dari kegiatan tambang pasir, yang ada di wilayah Cijambe.

"Padahal baru beberapa hari lalu, sungai ini di normalisasi, bahkan normalisasi juga tidak maksimal, karena material lumpur dan pasir nya juga tidak kunjung habis, bahkan terkesan tidak berbekas. Ehhh, sekarang dipenuhi sampah," keluh Sumardi kepada RRI di Subang, Senin (23/5/2020).

Plt. Camat menyebutkan, penanganan sungai Cipanggilingan ini, dibutuhkan penangananyang komprehensif, artinya semua unsur Forkopimda, perlu dilibatkan, termasuk PJT II dan BBWSC.

"Dibutuhkan penanganan yang lebih komprehensif, karena harus melibatkan juga PJT II dan BBWSC, yang memiliki kewenangan penuh atas aliran sungai Cipanggilingan ini," tegasnya.

Sementara itu lanjut Sumardi, untuk mempercepat penanganan, sekaligus mencari solusi penanganannya, Selasa (24/5/2022), pihaknya menjadualkan rapat, dengan mengundang unsur Forkopimda, dan PJT II serta BBWSC.

"In Syaa Alloh, Selasa besok siang sekira pukul 13.00 wib, akan digelar rapat, di Aula Rapat Jawara Kecamatan Subang, untuk membahas permasalahan Sungai Cipanggilinhan, dengan mengundang unsur Forkopimda dan melibatkan PJT II, juga BBWSC," pungkas Plt. Camat Subang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar