Kunjungi KUD ex Transmigrasi di Kalimantan, Raja Galuh Pakuan Dibuat Takjub

Raja Lembaga Adat Karaton Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi Sanggabuana bersama rombongan saat mengunjungi Koperasi Unit Desa Plasma Tuwuh Sari, Desa Purwodadi Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.(Foto: Istimewa)

KBRN, Bandung: Raja Lembaga Adat Karaton Galuh Pakuan bersama rombongan, mengunjungi Koperasi Unit Desa Plasma Tuwuh Sari, Desa Purwodadi Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Kunjungan ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian Kunjungan Raja Galuh Pakuan ke Kabupaten Tanah Bumbu, dalam rangka memenuhi undangan Bupati, H. M Zairullah Azhar. Koperasi yang beranggotakan 10 ribu masyarakat ex-transmigran ini, mengelola sampai dengan 16 ribu perkebunan sawit rakyat di 28 Desa di 5 Kecamatan yang sehamparan. 

"Kami dibuat takjub saat mendengar bahwa Koperasi ini sudah berdiri selama 20 tahun, dan mampu memberikan bagi hasil dengan petani rata-rata 2,5 juta per bulan, dan SHU 1,5 juta per tahun,"tutur Raja Galuh Pakuan, Rahyang Mandalajati Evi Silviadi Sanggabuana, Minggu, (22/5/2022). 

Pada kunjungan kali ini, Evi dan rombongan disambut oleh ketua Koperasi, Wayan, yang didampingi oleh Kabid Koperasi Tanah Bumbu, Sekdis Perikanan, serta Kabag Kesra. 

"Kami berharap Raja Galuh dapat memfasilitasi agar Pak Menteri Koperasi dapat melakukan kunjungan dan pendampingan, mengingat sedang direncanakan peremajaan pohon sawit di 4000 hektar dengan bibit sawit unggul,"tutur Wayan.

Selain mengunjungi Koperasi, pada kunjungan hari ke 2 Galuh Pakuan di Kalimantan ini, Evi juga menemui Paguyuban Wargi Sunda di Kabupaten Tanah Bumbu, dan akan dilanjutkan dengan pertemuan dengan perwakilan seluruh masyarakat sunda yang ada di Kalimantan malamnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar