Pelonggaran Penggunaan Masker, Kadinkes Subang : Jalan Menuju Endemi

Kadinkes Subang dr. Maxi (Foto Ruslan Effendi/RRI)

KBRN, Subang : Menanggapi kebijakan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), tentang pelonggaran penggunaan masker di tengah Pandemi Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr. Maxi mengatakan, kebijakan tersebut merupakan sebuah signal, yang mengindikasikan akan ada perubahan, dari pandemi menuju endemi. 

"Jadi kan satu per satu negara mengeluarkan kebijakan, yang dinilai aman," ujar dr. Maxi kepada RRI di Subang, Kamis (19/5/2022). 

Kebijakan tersebut lanjut Kadinkes, berdasarkan data kasus covid-19 di Indonesia, yang dalam satu bulan terakhir relatif landai. 

"Padahal di bulan ini, kita telah melalui cuti lebaran, dan banyak masyarakat yang pulang pergi mudik, tapi kasus covid-19 di Kabupaten Subang sendiri mulai mereda," terangnya. 

Meskipun Presiden telah menetapkan kebijakan Maxi menjelaskan, beberapa kondisi atau situasi, yang memperbolehkan masyarakat untuk tidak menggunakan masker. 

"Jika berada di kegiatan yang tidak berkerumun, boleh tidak menggunakan masker. Tapi jika sedang di angkutan umum, atau di tempat yang berkerumun, masyarakat tetap menggunakan masker," jelas Maxi. 

Maxi berharap, kebijakan itu bisa memberikan tanda, bahwa masyarakat telah mendekati herd im.unity.

"Semoga dengan adanya vaksinasi, juga bisa membuat kita terlepas dari pandemi Covid-19," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar