Hujan Deras, Sejumlah Pohon Tumbang di Tasikmalaya

"Salah satu pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang, di Jalan Sewaka Kota Tasikmalaya, Selasa (25/1/2022)," (Istimewa/ RRI)

KBRN, Tasikmalaya : Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Selasa sore (25/1/2022), menyebabkan sejumlah pohon tumbang di Kota Tasikmalaya.

Selain itu, atap satu Madrasah di Kelurahan Cihideung, dan satu rumah di Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, juga rusak disapu angin kencang.

Data yang dirilis Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, pohon tumbang terjadi diantaranya di wilayah Cikurubuk, Dadaha, Nagarawangi, Mamgkubumi, Cihideung, Cipedes, Jalan Ir. Juanda,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan SL. Tobing, dan Kelurahan Cilembang, Kecamatan Cihideung.

Sementara itu hujan deras tidak hanya disertai angin kencang. Namun hujan turun disertai es.

"Hujannya deras, ada Es nya juga," kata Budi (46) salah seorang warga Cilolohan.

Hujan Es, juga terjadi di wilayah Gunung Ceuri. Sejumlah warga setempat mengaku, butiran Es turun bersamaan dengan hujan deras disertai angin kencang.

"Iya tadi sempat kaget diatas genteng ada suara seperti batu kecil berjatuhan. Setelah dilihat ternyata es," kata Ida warga Gang Nusawangi, Gunung Ceuri.

Sementara itu sebelumnya cuaca ekstrim di Kota Tasikmalaya, kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar diperkirakan akan terjadi hingga bulan Maret mendatang.

"Januari - Februari merupakan puncaknya. Kami sudah melakukan langkah antisipasi, termasuk melakukan penebangan pohon tua yang rawan tumbang," katanya.

Maka dari itu Ucu meminta, warga waspada dan berhati- hati ketika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

"Iya hati- hati, waspadai tempat rawan saat hujan deras," pungkas Ucu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar