Forum BPD Subang Gelar Raker Pertama

Ketua Forum BPD Subang Sony Kusdinar Pimpin Raker Di Aula Dispemdes Kabupaten Subang, Kamis (20/1/2022).

KBRN, Subang: Forum BPD Kabupaten Subang menggelar Rapat Kerja (Raker), penguatan peran, dan fungsi pokok BPD dalam menjalankan tugas membantu Kepala Desa, yang digelar di Aula Rapat Dispemdes Kabupaten Subang, Kamis (20/1/2022).

Ketua Forum BPD Kabupaten Subang Sony Kusdinar mengatakan, Forum BPD hadir sebagai jembatan anspirasi masyarakat ke pemerintah desa, dan aspurasi pemerintah desa ke tingkat kecamatan, hingga Kabupaten.

"Secara kualitas kami masih kurang, sehingga kami memandang perlu harus menggelar raker, untuk penguatan peran, dan fungsi pokok dari BPD. Baik dan buruknya pemerintahan desa, tergantung peran dari BPD, maka dari itu kami hadir, kedeoan menjadi jembatan anyara pemerintah desa dengan Kabupaten dan juga dengan amsyarakat," ujar Sony kepada RRI di Subang, Kamis (20/1/2022).

Sony menegaskan, Forum BPD memiliki komitmen untuk memajukan 245 desa se-Kabupaten Subang, dengan menggali potensi desa yang ada, agar memiliki apbdes sendiri. Sehingga menjadikan desa-desa di Kabupaten Subang ini mandiri.

"Bagaimana kita kedepan pemerintahan desa ini, mampu membangun desanya secara mandiri, dan mensejahterakan masyarakatnya. Menjadikan desa,desa ini nanti tidak lagi bergantung kepada Dana Desa," tegasnya.

Sony menambahkan, dalam raker ini juga pihaknya akan membuat sebuah regulasi kemandirian desa, pemberdayaan BUMDes, lumbung desa, dan semua potensi yang ada, sekaligus mensinergikan dengan program Subang Jawara.

"Intinya kami akan mensinergikan seluruh lomponen yang ada di lingkup pemerintahan desa, sekaligus mewujudkan Subang Jawara," pungkas Sony.

Sementara itu Sekda Kabupaten Subang Asel Nuroni yang hadir mewakili Bupati Subang Ruhimat berpesan, agar Raker Forum BPD yang pertama ini, menjelma sebagai sebagai lembaga perwakilan masyarakat di tingkat desa, yang memiliki peran dan tupoksi seperti halnya Lembaga DPRD. Artinya berperan sebagai kontrol jalannya pemerintahan dan pembangunan, yang dialksanakan kepala desa, baggetting, dan sekaligus pembuat peraturan desa (Perdes).

"Raker ini, saya harapkan, mampu menghadilkan program-program kerja yang strategis periode 2021-2024, yabg berkaitan dengan tupoksi dan peran BPD, dalam membantu pemerintahan desa. Sekaligus sebuah komitmen, yang dirumuskan dalam raker ini," singkat Asep Nuroni.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar