Ramah Disabilitas, Lions Clubs Bandung Tohaga dan Lions Clubs Bandung Sangkuriang Bagikan Tongkat Putih dan Sembako di Wilayah Jawa Barat

KBRN, Bandung: Lions Clubs Bandung Tohaga bersama Lions Clubs Bandung Sangkuriang mengadakan peringatan World White Cane Safety berupa pembagian tongkat putih serta sembako kepada 169 penyandang disabilitas netra pada Kamis, (21/10/2021), di tiga wilayah Jawa Barat, yaitu Kota Cianjur, Kabupaten Cianjur serta Kota Sukabumi. 

World White Cane Safety Day (Hari Tongkat Putih Sedunia) adalah sebuah kampanye internasional yang mendukung disabilitas netra agar dapat beraktivitas secara mandwri tanpa bantuan orang lain dan jatuh pada tanggal 15 Oktober. 

Sebagai informasi, dunia Internasional setidaknya mengenal dua kode warna pada tongkat yang sering di gunakan oleh difabel. Warna putih berarti sebagai kode bahwa pengguna tongkat adalah penyandang disabilitas netra, dan warna merah bergaris putih adalah penyandang disabilitas netra rungu. 

“Peringatan Hari Tongkat Putih Sedunia yang diadakan oleh Lions Club Bandung Tohaga bersama Lions Clubs Sangkuriang (joint activity) selaim sebagai kegiatan rutin, juga merupakan bagian dari dukungan Lions Clubs Internasional, sebuah organisasi sosial bertaraf dunia, bagi Indonesia dalam melaksanakan program Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas yang mendukung kemandirian penuh bagi saudara-saudara kami yang memiliki d sabilitas netra, “tutur Irma Suganda, President Lions Club Bandung Tohaga. 

“Tongkat putih yang dibagikan akan sangat berguna bagi para penyandang disabilitas netra agar dapat lebih aktif menjalankan aktivitas Sehari-hari tanpa hambatan yang berarti,"sambung Toyo S. Sidik, tenaga Kesejahteraan Penyandang Disabilitas, Dinas Sosial, Kota Cianjur.

Ketua Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Wilayah Sukabumi Sulaeman mengatakan, tongkat putih adalah teman sejati.

"Teman yang tidak pernah marah, sangat bermanfaat bagi kami dan setia menemani kami kemanapun. Mungkin terlihat seperti sepele bagi mereka yang tidak menyandang disabilitas seperti kami, namun tanpa tongkat putih, mustahil bagi kami untuk dapat melakukan kegiatan yang memerlukan mobilitas dari satu tempat ke tempat yang lain,"ucap dia. 

 Sementara,  Farid dari Pertuni Wilayah Cianjur menyatakan rasa terimakasih atas pehatian yang diberikan.

"Dan kita juga sebagai penyandang disabilitas netra, tidak periu merasa rendah diri. Kita perlu berbangga hati akan keleb han yang diberikan Tuhan kepada kita,"ujarnya.

Kegiatan Lions Clubs Bandung membagikan tongkat puth dan sembako diapresiasi oleh Kepala Bidang Rehabilitasi Sosi Dinsos Kota Sukabumi, di kantor Dinas Sosial Kota Sukabumi,  R. Abdul Muiz.

"Peran serta masyarakat dalam pelaksanaan program terkat disabilitas merupakan hal yang sangat kami apresiasi, terutama saat pandemi seperti sekarang ini di mana anggaran terfokus pada penanggulan pandemi Covid-19. Pembagian tongkat putih disertai sembako menjadi sebuah kontribusi yang berarti bagi kami,"ungkapnya.

Sementara itu Presiden Lions Club Bandung Sangkuriang, Irwandi, S.E, mengatakan, semua orang berhak menjalan aktivitasnya tanpa gangguan.

”Kita semua percaya bahwa setiap orang berhak menjalankan aktivitasnya tanpa gangguan apapun. Tahun ini, bersama Lions Clubs yang berada di Distrik 307 B1 dan B2 kami membagikan 2.000 buah tongkat putih dan sembako kepada penyandang disabilitas netra. Besar harapan kami pembagian tongkat putih dan sembako ini dapat membantu saudara-saudara penyandang disabilitas netra dapat meningkatkan rasa percaya diri serta membuka kesempatan untuk memaksimalkan potensi masing-masing,"ucap dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00