Memperingati The World Sight Day 2021 dengan Pemeriksaan Mata terhadap 1.200 Siswa dan Pembagian Kacamata Gratis

KBRN, Bandung:  Memperingati The World Sight Day 2021 Lions Club Bandung Tohaga, Lions Club Bandung Sejahtera, dan Lions Club Bandung Merdeka menggelar pemeriksaan mata terhadap 1.200 siswa dan pembagian kacamata gratis bagi anak sekolah.

Kegiatan memperingati World Sight Day 2021 dengan tema Love Your Eyes pada Kamis, (14/10/2021),  menggandeng Rumah Sakit Mata Pusat Cicendo Bandung dan Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Latihan Kepolisian Republik Indonesia (Sespim Lemdiklat Polri)Lembang.

Acara peringatan yang terdiri dari pemeriksaan mata terhadap 1200 siswa / siswi dan pembagian kacamata gratis bagi anak sekolah dari kalangan tidak mampu ini berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Lembang, Jawa Barat.

The World Sight Day adalah sebuah upaya bersama dunia agar memberi perhatian lebih pada masalah visual impairment atau penurunan derajat kemampuan penglihatan dan blindness atau kebutaan.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), saat ini tercatat 1 milyar penduduk di dunia tidak mampu melihat jauh dan dekat yang sebenarnya dapat dicegah atau belum tertangani. Kasus visual impairment dapat terjadi pada semua usia dan sebagian besar kasus ini terjadi pada mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Dr.dr. Antonia Kartika SpM, selaku Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian RSM Pusat Cicendo mengatakan tujuan dari peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat terkait semua masalah gangguan penglihatan dan kebutaan.

“Tema peringatan World Sight Day tahun ini adalah Love Your Eyes. Jika dirunut ke belakang, Lions Clubs Internasional adalah pihak yang pertama kali kegiatan kampanye terkait gangguan penglihatan dan kebutaan pada Oktober tahun 2000.” tutur Antonia Kartika.

Ia menambahkan, perlu adanya pemahaman penyebab gangguan penglihatan.

“Kita perlu memahami apa penyebab gangguan penglihatan itu. Menurut data, katarak yang belum mendapatkan penanganan operasi menempati urutan pertama. Kedua adalah gangguan refraksi yang belum terkoreksi, yang artinya belum diperiksa dan mendapatkan kacamata. Gangguan lainnya yang perlu kita cermati adalah neuropatik dan glaukoma mata. Jika tidak tertangani dengan baik, gangguan mata akan membawa pengaruh signifikan bagi kehidupan yang bersangkutan,"tegasnya.

Irma Suganda, President Lions Club Bandung Tohaga juga mengatakan  vision adalah salah satu dari lima pilar Lions Clubs Internasional yang fokus pada kasus visual impairment dan blindness. Maka dari itu, sebagai bagian dari Lions Club Internasional, sebuah organisasi sosial internasional, Lions Club Bandung Tohaga melalui joint activity dengan tema tetap bernama Mataku Jendelaku.

“ Bersama Lions Club Bandung Sejahtera dan Lions Club Bandung Merdeka, yang ada di Distrik 307 B2 Indonesia, berupaya semaksimal untuk dapat berkontribusi dalam menurunkan angka visual impairment dan blindness yang ada, terutama di wilayah Bandung dan sekitarnya.” tutur Irma Suganda.

Sementara itu Presiden Lions Club Bandung Sejahtera, Lina Adi menambahkan, anak sekolah yang mengalami gangguan mata akan mengalami kesulitan belajar dan melakukan aktivitas sehari-harinya selayaknya anak, seperti bermain dengan teman sebaya.

“Pada akhirnya situasi ini mempengaruhi prestasi akademik dan kemampuannya untuk bersosialisasi. Oleh karena itu, kami mengadakan kegiatan pemeriksaan mata sekaligus pembagian kacamata agar dapat membantu penanganan hal tersebut,”ucap dia.

Kepala Sekolah SMP Negeri Lembang, Hj. Tety Rosmiati Miharja, Dra., M.M yang menyambut baik kegiatan peringatan World Sight Day ini.

”Deteksi mata secara dini kepada siswa sekaligus pemberian kacamata bagi mereka yang terdeteksi minus tentunya sebuah upaya yang bermanfaat bagi kelancaran kegiatan belajar-mengajar di sekolah ini,”ujarnya.

 “Pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis bagi 1.200 anak kurang mampu yang menjadi murid SMP Negeri 1 Lembang juga dapat dianggap investasi kami membantu mereka bisa mendapatkan peluang untuk dan kesempatan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Karena anak-anak adalah pemilik masa depan”, imbuh Presiden Lion Clubs Merdeka, N. Kanaya. Acara hari ini adalah bagian dari rangkaian peringatan World Sight Day 2021 yang sudah berlangsung sejak Rabu, 13 Oktober 2021 di RSM Pusat Cicendo berupa kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian kacamata secara simbolik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00