Subang Kekurangan Guru, Berharap Bisa Terpenuhi Dari Kuota PPPK

"Kadisdikbud Kabupaten Subang Tatang Komara," (Ruslan Effendi/ RRI)

KBRN, Subang : Dari data guru yang diusulkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang, untuk formasi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 5.200. Namun Kementerian Pendayagunaam Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) melalui formasi pengadaan PPPK tenaga guru, hanya memberikan formasi sebanyak 3.089 orang, untuk SD dan SMP sederajat.

"Secara total jumlah, ya Alhamdulillah jumlah besar. Namun apabila kita rinci dengan kebutuhan kekurangan tenaga guru di Subang, khususnya guru mata pelajaran, kita tetap saja kekurangan. Karena dari 3.089 tenaga guru PPPK itu, yang linier dengan guru mata pelajaran itu hanya sedikit," ungkap Tatang kepada RRI di Subang, Jumat (17/9/2021).

Tatang menyatakan, kebutuhan akan guru yang linier itu, sulit untuk terpenuhi, contohnya dari kuota guru BP 250, namun yang linier hanya 11 orang yang mendaftar. Tentunya banyak yang tidak lolos, yang tidak mendaftarpun banyak.

"Yang sebelas orang pun belum tentu lulus. Karena itupun harus bersaing dengan passing grade yang ditentukan oleh Kemenpan, apakah memenuhi, atau tidak?. Begitupun dengan mata pelajaran yang lain juga sama," terangnya.

Artinya kata Tatang, dari 3.089 itu, diyakininya tidak akan terpenuhi dengan kebutuhan guru yang dibutuhkan Subang saat ini.

"Tidak mengakomodir kebutuhan kita, lebih-lebih dengan passing grade yang telah ditetapkan kemenpan RB. Saya melihat dari hasil yang sudah berjalan saja banyak yang tidak terpenuhi," ungkapnya.

Namun Kadisdikbud berharap, ada kebijakan lain,  karena Subang berbasis kekurangan guru. Sehingga bukan bersaing mutlak karena seleksi, tetapi bersaing dengan kekurangan guru. Maka diharapakan semua usulan kekurangan guru sesuai dengan kuota PPPK 3.089 itu, menjadi bahan pertimbangan untuk diterima sebagai guru PPPK.

"Saya harap sih Kemenpan RB, bisa mempertimbangkan kekurangan guru di Subang saat ini, bisa dipenuhi dari formasi PPPK ini, dan seleksi pun hanya sebatas formalitas," tandas Kadisdikbud.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00