Wisata Arung Jeram, Wabup Garut : Berikan Cerita Positif Tentang Sungai

KBRN, Garut : Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, berharap para pemandu wisata arung jeram yang ada di Kabupaten Garut mempunyai 3 hal yang harus dikuasai yakni keterampilan, ketenangan, dan mampu membangun cerita-cerita positif tentang sungai.

"Jangan cerita-cerita seremnya aja ya, cerita serem (misalnya) _ieu di leuwi ieu pernah aya nu_ tenggelam, di _leuwi ieu mah pernah aya nu cenah nu mancing aya nu ngadudut_ (jadi) disebut _Leuwi Jurig_ , (saya harap) coba dibangun cerita- cerita (tentang sungai) yang menarik ya," katanya di Hotel Cahaya Villa Garut, Rabu (29/6/2022).

Selain itu, ia juga berpesan untuk jangan pernah merasa jago saat berenang di sungai maupun di laut, karena menurutnya hal tersebut akan mengurangi kewaspadaan dan kehati-hatian.

"Kalau tidak waspada (dan) tidak hati-hati, itu kadang-kadang kita nanti tidak akan tenang, padahal ketenangan itu adalah hal yang paling utama ketika kita berenang, apalagi di arus (sungai) ya harus tenang, _lamun teu tenang_ bisa berenang _oge angger weh ripuh_," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar