Kodim 0605/Subang Gelar Liga Santri Memperebutkan Piala KASAD

Dandim 0605/Subang Letkol (Czi) Irsad Wilyarto Saat Membuka Liga Santri Di Mako Batlyon Infantri 312 Kala Hitam, Sabtu (28/5/2022) (Foto Dok/Kodim 0506/Subang)

KBRN, Subang: Dalam upaya menjaring bakat pesepak bola, dari kalangan Santri, Kodim 0605/Subang menggelar Liga Santri U-18 2022, memperebutkan  Piala Kasad, yang daksanakan di  Yonif 312/ Kala Hitam Kabupaten Subang, Sabtu (28/05/2022). 

Dandim 0605/Subang Letkol (Czi) Irsad Wilyarto menjelaskan, liga santri ini telah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, dan terjaring 8 tim sepak bola, yang mewakili pondok pesantrennya masing-masing. 

"Tahapannya itu, kami mulai pendataan pesantren yang memiliki tim sepak bola, dan awalnya ada beberapa Pondok Pesantren yang terdata, tetapi setelah diadakan screening, hanya ada 8 Tim yang berpartisipasi," terang Letkol Irsad kepada RRI di Subang, Sabtu (28/5/2022). 

Tujuan dari liga santri ini lanjut Dandim, difokuskan untuk mencari bibit atlet sepakbola di tingkat kabupaten, khusus dari kalangan Santri.

"Atas perintah Pak Kasad, kami mengadakan Liga Santri ini, Indonesia ini kan punya penduduk 250 juta orang, harusnya ada banyak bibit atlet yang terjaring," imbuhnya. 

Liga Santri ini ditegaskan Dandim, akan dilaksanakan selama empat hari lamanya. Dua hari untuk babak pertama dengan sistem gugur, satu hari babak semifinal, dan hari terakhir babak grand final. 

"Pelaksanaan ini tidak bisa dilepaskan dari dukungan berbagai elemen seperti KONI, PSSI, dan yang lainnya," tandas Dandim. 

Di tempat yang sama, ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Subang Asep Rohman Dimyati mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi KASAD dan Kodim 0605/Subang, yang telah melaksanakan Liga Santri U-18 2022 ini. 

"Ini terobosan baru, yang mana menurut kami mencari bibit baru itu dari santri, ini kepedulian yang luar biasa dari TNI kita," ujarnya Asep Rochman yang akrab disapa ARD.

Dalam hal ini, ARD menegaskan, bahwa olahraga merupakan kancah yang bisa mempersatukan bangsa. 

"Jadi di Liga Santri ini, tidak ada lagi bicara kasta, ras, dan lain-lain, semuanya menjungjung tinggi sportifitas, dan meninggalkan status," ucapnya. 

Sementara itu, Kapolres Subang AKBP Sumarni mengatakan, pertandingan sepakbola di Liga Santri ini, tentunya akan menggugah semangat patriotisme dan sportifitas. 

"Ini juga akan menciptakan bibit-bibit unggul khususnya bakat olahraga, di lingkungan santri Kabupaten Subang," kata AKBP Sumarni. 

Kapolres berharap, dengan adanya liga ini, bisa menginspirasi, dan menciptakan keceriaan dari para pesertanya. 

"Semoga ke depannya, kita dapat memperoleh atlet-atlet terbaik di Kabupaten Subang," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar