Warga Subang Masih Berziarah, Meski Dijaga Ketat

Di Subang Berziarah Ke TPU Wajib Patuhi Prokes

KBRN, Subang: Hari kedua Lebaran Idulfitri 1442 H/2021 M, warga Subang masih memadati sejumlah Tempat Pemakaman Umum (TPU), berziarah ke makam orang tua dan keluarga.

Meski mendapat pengamanan dari Satgas Penanganan Covid-19, guna menjaga kerumunan, namun animo  ziarah ke makam orang tua, dan keluarga tetap tinggi.

"Biasanya ziarah itu dilakukan pada hari H Lebaran setelah bersilaturahmi, dan saling maaf-maafan. Karena awalnya ada kabar TPU-nya di jaga petugas Satgas, bahkan ada kabar tidak diperbolehkan ziarah. Namun akhirnya Satgas memperbolehkan akhirnya saya memutuskan berziarah hari Lebaran kedua," ujar Ira salah seorang peziarah dari Kampung Cendrawasih Soklat Subang, Jumat (14/5/2021).

Adanya penjagaan oleh Satgas Covid-19 di TPU kata Ira, sangat positif dalam mencegah pemularan Covid-19, di saat berziarah kubur. Karena selain harus mencuci tangan terlebih dahulu sebelum memasuki TPU, juga para peziarah diwajihkan menggunakan masker, dan menjaga jarak.

"Saat di luar dan di dalam TPU, kita diwajibkan mematuhi protokol kesehatan. Saya rasa ini bagus, agar kita tetap terjaga dari tertular Covid-19," imbuhnya.

Ira berziarah ke TPU, untuk mendo'akan mendiang  Ibunya. Dia juga datang tidak sendirian, tetapi juga dengan ayah dan kakak serta ponakannya.

"'Saya bersama keluarga berziarah ke makam almarhum ibu pak. Ziarah ini kan sudah menjadi tradisi, meskipun kita bisa mendo'akannya di rumah, tetapi rasanya kurang apdol jika tidak di atas makam mendiang Almarhum Ibu saya pak," tandas Ira.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar