Baznas Jabar Salurkan Zakat Fitrah Ke 180 Mitra Ojol Lansia ‎

KBRN,Bandung: Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat menyalurkan zakat fitrah kepada 180 mitra Grab. Penyerahan dilakukan secara simbolis di ‎Gedung Zakat Center, Baznas Jabar, Jl. Soekarno Hatta Selasa (11/05/2021).

"Jadi totalnya yang akan kami distribusikan adalah 180, nanti ada semacam uang tunai, untuk yang perwakilan disini selain uang tunai nanti ada juga paket," ujar Ketua Bidang I Baznas Jabar, Rachmat Ari Kusumanto kepada wartawandi Gedung Zakat Center, Baznas Jabar, Jl. Soekarno Hatta, Selasa (11/5/2021). 

Rachmat mengungkapka, Mitra grab yang menerima zakat fitrah merupakan pengemudi yang berusia diatas 55 tahun. Mitra grab tersebut tersebut tersebar di seluruh daerah di Jabar.‎

"Penerima zakat fitrah ini adalah mitra yang berusia di atas 55 tahun, jadi masih luar biasa. Alhamdulilah target kami saat ini adalah 180 orang yang tersebar di 27 Kota kabupaten di Jawa Barat," paparnya.‎Rachmat mengutarakan, program kolaborasi dengan pihak grab kali ini merupakan sebuah program awalan. Di tahun depan, pihaknya menargetnya menyalurkan zakat fitrah kepada Seribu mitra grab dengan kriteria yang sama.‎‎

"Ini adalah program awalan kami sebagai program 'nyaah ka kolot' karena penerima zakat fitrah kali ini adalah grab yang usianya 55 tahun, ini bagian yang akan kita gelorakan nanti 29 Mei di hari lansia, ‎mudah-mudahan tahun depan bisa lebih luar biasa lagi, tadi targetnya 1000 yang diatas usia 55 tahun," tambahnya.‎

Rachmat menuturkan, SDM yang di miliki Baznas Jabar masih terbatas. Sehingga, kolaborasi dengan pihak grab kali ini merupakan wujud inovasi untuk mengefektifkan penyaluran zakat fitrah.

"Ini juga sebagai perwujudan digitalisasi zakat, yang amanah dari Gubernur, bahwa Baznas Jabar ini terdepan kemudahan, kepraktisan, dan kecepatan," paparnya.

"Kolaborasinya memang saat ini baru zakat fitrah ya, mudah mudah ke depan bisa lebih, karena terus terang karyawan kami di sini hanya 44 orang tapi harus memonitor 27 Kota/Kan," katanya.‎Rachmat mengimbau kepada untuk dapat melakukan pembayaran zakat fitrah ke pihak baznas. Pasalnya, dengan berzakat di baznas, penyaluran zakat akan dilakukan menyebar ke pelosok daerah.

"Jadi meyakinkan masyarakat, dengan zakat fitrah ke Baznas ini bisa langsung tersebar ke pelosok," ucapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, salah satu Mitra Grab, Rusli Aditama Sovyani (57) mengaku bersyukur dengan adanya penyaluran zakat fitrah ini. Menurutnya, zakat fitrah yang diterima sangat membantu perekonomiannya menjelang hari raya Idul Fitri.‎

"Dengan adanya bantuan seperti ini kami sangat terbantu sekali, untuk kebutuhan khususnya pada saat ini menjelang idul fitri, kerena masi punya tanggungan keluarga yang harus dinafkahi," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00