Paguyuban Pasundan Papua Minta Jokowi Segera Terbitkan Rekomendasi Pergantian Wagub Papua

KBRN, Subang:  Berdasarkan hasil rapat Paripurna  DPR Papua yang digelar untuk mengisi kekosongan jabatan Wakil  Gubernur Papua, tujuh partai politik sepakat dan setuju mengajukan dua nama yakni  Kenius Kogoya dan Yunus Wonda  sebagai calon Wakil Gubernur Papua menggantikan Klemen Tinal yang meninggal dunia.

Hal itu juga tercantum dalam surat Gubernur Papua, Lukas Enembe nomor 122/1567/SET tertanggal 16 Desember 2021 tentang pengisian jabatan wakil gubernur Papua yang ditujukan kepada Presiden RI.

Ketua Umum Paguyuban Pasundan Papua M. Iryanto Pawika mengatakan, dengan selesainya proses pemilihan Wakil Gubernur Papua, pihaknya mendorong Presiden RI Joko Widodo untuk segera mewujudkan serta merekomendasikan  pengisi kekosongan jabatan Wakil Gubernur Papua.

"Kami mewakili 11 ribu masyarakat Sunda di Papua, mendorong pak Presiden Jokowi untuk segera mengeluarkan rekomendasi kepada Mendagri, terhadap calon Wakil Gubernur Papua pengganti. Semakin cepat dikeluarkan rekomendasi, maka semakin cepat pergantian terwujud. Demi rakyat Papua," ujar Iryanto saat berkunjung ke Karatwan LAK Galuh Pakuan di Subang, Jumat (21/1/2022).

Ditambahkan Iryanto, pengisian jabatan Wakil Gubernur Papua sangat penting bagi masyarakat Papua, demi lancarnya roda pemerintahan di provinsi tersebut.

"Gubernur Papua sudah bersurat, juga merekomendasi Kenius Kogoya salah satunya. Sejumlah parpol pendukung, juga setuju untuk dia Wakil Gubernur Papua,"ucap Iryanto.

Iryanto juga mengatakan, masyarakat Sunda yang ada di Papua mendukung Kenius Kogoya bukan tanpa sebab. Sebagai putra daerah, Kenius Kogoya dinilai mumpuni bersanding dengan Gubernur Papua Lukas Enembe, dalam memimpin pembangunan dan kesejahteraan di Provinsi Papua.

"Kami mendukung saudara Kenius Kogoya, bukan tanpa sebab. Dia adalah sosok putra daerah, yang masih muda. Meski muda dia dinilai, mumpuni memimpin Papua mendampingi Gubernur Lukas Enembe," tegasnya.

Ia kembali berharap, Presiden RI Joko Widodo dapat secepatnya menerbitkan rekomendasi ke Mendagri, agar pergantian Wakil Gubernur Papua segera terwujud.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar