HUT ke-77 Provinsi Jawa Barat Jadi Momentum Refleksi Diri dan Motivasi Jabar Lebih Baik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai upacara peringatan HUT ke-77 Provinsi Jawa Barat di Lapangan Gasibu Kota Bandung.(Foto:Azis Zulkarnaen)

KBRN, Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, peringatan HUT ke-77 Provinsi Jawa Barat merupakan sebuah momentum masa transisi dari pandemi menjadi endemi. Selain itu juga sebagai pengingat, untuk mewujudkan Jawa Barat kedepan lebih baik.

Hal tersebut dikatakan Ridwan Kamil atau Kang Emil, dalam sambutannya  pada upacara memperingati HUT ke-77 Provinsi Jawa Barat di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Jumat (19/8/2022).

“Dan juga pengingat kepada kita atas apa yang telah kita lakukan, apa yang sedang kita lakukan dan apa yang akan kita lakukan, untuk mewujudkan kehidupan Jawa Barat Juara Lahir dan Batin yang lebih maju, lebih sejahtera, berkeadilan demi masa depan Jawa Barat lebih baik,”ucap Kang Emil yang menjadi inspektur upacara Peringatan HUT ke-77 Provinsi Jawa Barat.

Kang Emil juga menambahkan, Provinsi Jawa Barat dapat dengan kuat melalui tiga goncangan dunia, seperti pandemi Covid-19, revolusi industri 4.0 serta pemanasan global. Tiga guncangan tersebut menuntut untuk merespon dan  beradaptasi, sehingga dapat bertahan.

“Kita dengan jumlah penduduk 50 juta jiwa atau 20 persen dari Indonesia, telah mengantisipasi dengan berbagai cara inovatif dan adaptif,”ucap Kang Emil.

Pada kesempatan itu juga Kang Emil memaparkan keberhasilan dan prestasi yang diraih Provinsi Jawa Barat. Ada sedikitnya 345 penghargaan baik nasional maupun internasional, diantaranya raihan 11 kali WTB secara berturut-turut dari BPK RI, penghargaan dalam aspek lingkungan hidup yakni Nirwasita Tantra dan Kalpataru dari Kementrian Lingkungan Hidup atas kebijakan yang berpihak pada pembangunan yang berkelanjutan. Kemudian prestasi olahraga dengan mempertahankan gelar juara umum PON serta cepatnya pemulihan ekonomi Jawa Barat, pada pandemi.

Dikatakan Kang Emil, Jawa Barat masih mejadi salah satu tertinggi di pulau Jawa dengan rata-rata pertumbuhan 5,66 persen.

“Pada tahun 2021 nilai realisasi  investasi Jawa Barat mencapai Rp. 136,13 triliun dan menyerap sekitar 135.638 tenaga kerja. Hingga triwulan ke II tahun 2022, realisasi investasi sudah mencapai Rp.44,01 triliun, naik sekitar 24,6 persen YoY,”jelas Kang Emil.

Kang Emil juga  menyatakan, semua capaian diraih merupakan kerjasama, kolaborasi semua lini dalam Pentahelix. Berbagai program pun diluncurkan hingga pelosok pedesaan seperti diantaranya program petani milenial, satu desa satu hafidz dan lainnya.

“Semangat kita adalah semangat gotong royong, semangat sabilulungan, semangat silih asah silih asuh silih wawangi, semangat pentahelix berkolaborasi. Itulah semangat Jawa Barat dalam membangun Jawa Barat juara lahir batin,”ucap Kang Emil.

Diakhir upacara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta istri, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum beserta istri dan pejabat serta kepala daerah yang hadir, melakukan pemotongan tumpeng yang berjumlah 77.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar