Peringati HUT ke -77 RI, Koalisi Rakyat Bersatu; NKRI Harga Mati

Koalisi Rakyat Bersatu peringati HUT ke -77 Republik Indonesia di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.(Foto: Azis Zulkarnaen/RRI)

KBRN, Bandung: Masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Rakyat Bersatu, menggelar upacara bendera memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia, di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat Rabu, (17/8/2022).

Selain upacara bendera, Koalisi Rakyat Bersatu juga mendeklarasikan NKRI harga mati yang tetap berideologikan Pancasila.

"Alhamdulillah yang ikut serta bersama kami ada 109 organisasi dari berbagai latarbelakang baik lintas agama, nasionalis, maupun lainnya yang menegaskan bahwa NKRI sudah harga mati dan final tak ada tawar menawar agar tak tercerai berai sesuai hasil konsensus pendiri negeri," ungkap Budi Hermansyah Koordinator Koalisi Rakyat Bersatu.

Budi juga mengatakan, makna dari kegiatan HUT ke 77 RI di Monju ini ingin kembali menggali semangat rasa nasionalisme dan bela tanah air, serta kesetiaan pada ideologi negara, yakni Pancasila.

Dia juga menyoroti adanya fenomena sekelompok orang yang dengan terbuka menyatakan ada solusi lain dari bentuk negara yang menjadi masalah, sehingga perlu ada respon dengan bentuk 'perlawanan'.

"Kami pun bentuk perlawanannya dengan memasangkan spanduk sebagai respon lihat fenomena adanya konvoi yang mendukung khilafah. Kami tuliskan di spanduk bahwa Pancasila yes, Khilafah No. Ini sebagai pembelaan ideologi bangsa," ujarnya.

Budi juga menuntut pemerintah provinsi Jabar untuk segera tuntaskan aturan yang melarang berkembangnya paham radikalisme dan intoleran.

"Kami ingin pemprov dan kabupaten/kota se-Jabar agar serius lakukan pembinaan, pembumian nilai-nilai Pancasila di instansi pemerintahan utamanya di pendidikan. Paling penting kepada aparat hukum untuk bisa tindak tegas ke kelompok atau perorangan yang masih lakukan kampanye dan propaganda terkait khilafah," katanya.

Selain itu, Budi pun mengajak menjelang tahun politik kepada semua komponen bangsa bisa mengedepankan persatuan nasional demi menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Dalam acara itu juga digelar atraksi seni budaya Pencak Silat serta konvoi mengelilingi Kota Bandung.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar