Pergub Komite Sekolah Terbit, Kadisdik: Segera Sosialisasikan

Kadisdik Jabar Dedi Supandi (Foto: Istimewa/RRI)

KBRN, Bandung: Polemik mengenai boleh tidaknya orangtua siswa pada jenjang SMA, SMK dan SLB negeri di Jawa Barat memberikan sumbangan, kini sudah mulai ada jawaban jelas.

Pasalnya, sudah disahkannya Peraturan Gubernur (Pergub) Komite Sekolah, agar pihak sekolah tidak disalahkan, serta tidak menyalahi aturan apabila ada orangtua siswa yang akan memberikan sumbangan.

Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi mengungkapkan, bahwa Pergub mengenai Komite Sekolah sudah ditandatangani oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Didalam Pergub tersebut terdapat 7 BAB dan 20 pasal. 

“Isinya ada ketentuan umum tugas dan wewenang, ada kepengurusan dan keanggotaan termasuk pendanaan dan mekanisme bagaimana pendanaan yang dilakukan oleh komite sekolah,” kata Dedi, di Gedung Sate, Selasa (16/8/2022).

Setelah itu rencananya akan segera disosialisasikan, secara masif.

“Intinya itu dan segera akan disosialisasikan. Mudah-mudahan di awal September para orangtua peserta didik yang telah diakomodir oleh pemerintah dan sekolah, membuat langkah langkah kepengurusan komite di sekolah. Termasuk di dalamnya ada larangan,” imbuhnya.

Lanjut Dedi, ada hal penting yang perlu disampaikan ke satuan pendidikan, terutama mengenai historis dibuatnya Pergub Komite Sekolah, saat dibuatnya Pergub ada Dewan Pendidikan Jabar, tim perumus dan lainnya, sehingga muncul pasal-pasal yang ada di dalam Pergub Komite Sekolah yang perlu dijelaskan.

“Oleh sebab itu, agar secepatnya Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I hingga XIII, mengundang tim dari biro hukum dan kami (Dinas Pendidikan Jawa Barat) melakukan sosialisasi,” tandas Dedi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar