Lampu PJU Akan Dipasang di 1.999 Titik di Pangandaran , Sesuai Program Jabar Caang

Illustrasi ; Foto Program Jabar Caang

KBRN, Pangandaran : Sebanyak 1.999 unit lampu penerangan jalan umum (PJU) akan dipasang di wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Proyek tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp50 miliar.

Wakil Bupati Pangandaran, Ujang Endin Indrawan mengatakan, pengadaan ribuan lampu PJU merupakan  program Jabar Caang yang digagas  Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Ia pun memastikan, besarnya anggaran pengadaan PJU tidak akan membebani keuangan daerah. Pasalnya, anggaran pengedaan PJU bersumber dari bantuan provinsi (banprov).

"PJU ini akan mengganti PJU yang lama jadi tidak membebani biaya anggaran daerah, karena sifatnya mengganti," ujar Ujang. Penetapan HT proyek ini dengan mempertimbangkan tiga unsur, meliputi kualitas, harga dan garansi.

"Bahkan dalam penentuan HT itu dilihat dari yang paling murah, umur lampunya yang paling lama, garansinya juga paling lama. Jadi ketika penetapan HT itu yang jadi ukurannya kualitas, harga dan garansi," jelas Ujang.

Ujang mengatakan, PJU ini akan dipasang untuk jalan se kabupaten Pangandaran di daerah yang vital termasuk objek wisata.

"Ini pun bukan masalah urgensinya atau tidaknya, malahan lebih hemat. Karena bisa kontrol, kadang kan PJU yang saat ini siang malam nyala, dengan PJU yang baru ini akan lebih hemat," jelasnya.

Untuk antisipasi kehilangan dan tidak berfungsinya lampu PJU seperti yang terjadi di Jalan Raya Cijulang-Pangandaran pihaknya berharap masyarakat bisa ikut kerjasama menjaga keamanan lampu tersebut.

"Apalagi kan pemasangan sampai ke daerah terdalam Pangandaran. Ya saya harap masyarakat bisa bersama-sama menjaganya, kalo urusn dicuri tidak dicuri ya kita tidak mengarah kesana. Tapi yang penting kita mengantisipasi aja," tandasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar