Kadinkes Subang: Melalui BIAN Subang Cetak Generasi Emas

Kadinkes Subang dr. Maxi (Foto Ruslan Effendi/RRI)

KBRN, Subang: Program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022, merupakan upaya pemerintah mewujudkan generasi emas yang sehat, berkualitas.

Karena menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr. Maxi, diakui atau tidak, selama pandemi covid-19, banyak anak-anak yang tidak tuntas diberikan diimunisasi tambahan.

"Mungkun selama dua tahun pandemi covid-19 ini, anak ada yang baru satu, atau dua kali diberikan imunisasi tambaha. Bahkan saya rasa, banyak yang tidak tuntas, atau sama sekali ada yang sama sekalu belum diimunisasi," ungkap dr. Maxi kepada RRI di Subang, Jumat (12/8/2022).

Idealnya disebutkan Kadinkes, anak selama usia 2 tahun itu, sudah harus mendapatakn 14 kali imunisasi, dengan jenis imunisasi diantaranya, Usia 24 jam lebih berupa imunisasi Hepatitis B (HB-0).Usia 0-1 bulan: BCG, dan Polio 1, usia 2 bulan: DPT-HB-Hib-1, Polio 2, dan Rotavirus. Usia 3 bulan: DPT-HB-Hib-2, Polio 3. Usia 4 bulan: DPT-HB-Hib-3, Polio-4, IPV, Rotavirus. Usia 9 bulan: Campak atau MR.

"Itulah semua jenis imunisasi yang harus didapatkan anak kita di usia 2 tahun," terangnya.

Sementara itu lanjut Maxi, imunisasi di program BIAN ini, terdiri dari Imunisasi tambahan campak rubella, diberikan untuk anak umur 9 bulan sampai dengan kurang dari 12 tahun. Melengkapi imunisasi Polio dan DPT - HB - Hib bagi anak umur 12 sampai dengan 59 bulan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar