Lomba Ngelentik Kwarcab Pramuka Ciamis, Mengenang Masa Lalu

Peserta lomba negelentik, ingat mala lalu membuat minyak goreng dari kepala(Dok, Kwarcab Ciamis)

KBRN, Ciamis : Lomba membuat minyak goreng kelapa atau Ngelentik di Ciamis ini jari momen untuk mengenang masa lalu bagi sejumlah peserta. Kegiatan Lomba membuat minyak goreng dari kelapa itu digelar Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis dalam memperingati HUT Pramuka ke 61.

Salah satu peserta, Maman mengaku, kegiatan tersebut menjadikan hal untuk mengenang masa lalu atau nostalgia. Ketika Ia masih Sekolah Dasar, orang tuanya suka membuat minyak goreng dari kelapa.

“Dulu saya suka melihat orang tua kalau sedang buat minyak goreng kelapa atau ngelentik, bagaimana prosesnya dan saya juga sering membantunya,” ucapnya, Sabtu (6/8/2022).

Maman, peserta dari Kwaran Kecamatan Baregbeg ini mengatakan, untuk membuat minyak goreng itu membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam.

“Dari proses awal membelah kelapa, membersihkannya, kemudian menggilingnya dengan manual sampai memasak air kelapanya itu kurang lebih sekitar 2 jam, sampai jadi minyak goreng,” katanya.

Menurutnya, buah kelapa dari Ciamis ini memanglah sangat bagus. Jadi, mengambil kelapa yang bagus itu dari pohonnya langsung sekitar 3 minggu. Hal tersebut dapat menghasilkan minyak yang bagus.

Melalui lomba Ngelentik ini, Maman mengaku setuju momentum ini menjadi awal gerakan menggalakan kembali Ngalentik. Memanfaatkan sumber daya alam Ciamis yakni kelapa.

“Minyak goreng saat ini mahal, kalau bikin sendiri kita bisa manfaatin sumber daya alam yang ada. Harganya juga bisa lebih ekonomis lagi,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar