Masyarakat Ciamis Diminta Bupati Untuk Memanfaatkan Pekarangan Rumah Menanam Tamanan Produktif

Bupati dan Wbup saat meneima tim Recheking lomba pemanafaatan lahan pekarangan (Dok. Pemkab Ciamis)

KBRN, Ciamis :Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta masyarakat Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Herdiat menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan di Dusun Desa, Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya, Senin (4/7/2022). Sambutan ini disampaikan saat Herdiat menerima Tim Rechecking Lomba Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Sumber Karbohidrat Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

Menurut Herdiat, masyarakat harus memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan baik, tapi tidak hanya sebatas lomba saja. masyarakat harus dapat menjadikan pekarangan sebagai ladang penghasilan minimal untuk kebutuhan sehari-hari.

“Masyarakat harus daspat memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan baik, tapi jangan hanya sebatas lomba saja, Tidak boleh ada lahan pekarangan terbengkalai dan tidak termanfaatkan, jadikan pekarangan sebagai ladang penghasilan minimal untuk kebutuhan sehari-hari” jelas Herdiat.

Pada sambutannya itu, Herdiat juga menyampaikan juara bukanlah tujuan utama, tetapi motivasi masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah yang lebih utama dan yang terpenting masyarakat dapat termotivasi, sehingga dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah menjadi lebih produktif.

“Saya tidak masalah soal menjadi juara, tujuan utama kami dengan lomba ini masyarakat termotivasi dan memanfaatkan pekarangan rumah agar lebih produktif,” jelasnya.

Pada sambutannya, Herdiat juga menyampaikan tentang Kecamatan Sadananya yang merupakan kecamatan tersubur di Kabupaten Ciamis. Menjadi kecamatan tersubur itu, karena Kecamatan Sadananya letaknya berbatasan dengan kaki Gunung Syawal.

“Kecamatan Sadananya ini merupakan salah satu yang tersubur di Ciamis, air mengalir dimana-mana sehingga tumbuhan pun dapat tumbuh subur,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Rechecking Provinsi Jabar, Sri Sunarti Yosi menjelaskan terkait dengan pemanfaatan lahan pekarangan rumah.

Menurut Sri, lahan pekarangan rumah bisa menjadi sumber karbohidrat sangat bermanfaat, baik jangka pendek maupun jangka Panjang agar masyarakat bisa terus melanjutkan memanfaatkan lahan pekarangan rumah bukan hanya dalam perlombaan saja.

Kemudian di Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya terdapat 128 rumah dengan pekarangan yang ditumbuhi sumber karbohidrat. Tumbuhan karbohidrat tersebut seperti ubi kayu, ubi jalar, talas, serta ganyong yang banyak tumbuh di Jawa Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar