Ini Tips Khusus Bagi Peternak, agar Tidak Terkena PMK

Kabid Keswan Dan Feteriner Masyarakat Disnakeswan Kabupaten Subang drh. Erlina (Foto Ruslan Effendi/RRI)

KBRN, Subang: Penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternar, ternyata ditularkan melalui interaksi antara peternak dengan hewan ternak peliharaannya.

Berikut tips pencegahan, yang disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Feteriner Masyatakat (Disnakeswan) Kabupaten Subang drh. Erlina agar hewan ternak tidak tertular oleh PMK, maka peternak hewan diwajibkan untuk mengikuti Bioscurity.

"Kami wajibkan, agar para peternak hewan itu, mematuhi bioscurity untuk mencegah penularan PMK terhadap hewan ternak miliknya," ujar drh. Erlina kepada RRI di Subang, Kamis (23/6/2022).

Bioscurity tersebut kata Wina, terdiri dari kebersihan kandang, dan sekitar kandang, kemudian peternak diharuskan madi sebelum masuk ke kandang, dan di larang orang masuk sembarangan ke kandang. 

"Kandang itu harus di semprot setiap hari dengan menggunakan desinfektan, kemudian peternak diwajibkan mandi terlebih dahulu sebelum masuk kandang, berbeda dengan sebelum ada PMK pak, biasa peternak mandi setelah dari kandang. Kemudian larangan masuk kandang selain peternak, karena khawatir menbawa virus PMK ke kandang," terangnya.

Artinya lanjut Erlina, baik kandang maupun peternak, harus sterill dari virus PMK.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar