FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Hujan Deras, Ratusan Sawah di Pngandaran Kebanjiran

Warga saat berada di lahan yang kebajiran.(Dok, BPBD Pangandaran)

KBRN, Pangandaran :  Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran sejak selasa sore mengakibatkan sungai Citonjong meluap dan ratusan hektar sawah kebanjiran. Selain itu, luapan air dari sungai itu membanjiri lahan pesawahan di blok Cimulang Desa Cibenda,  kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Kusdi warga Desa Cibenda mengatakan, banjir ini selalu terjadi setiap tahun. Padahal sebelumnya pemerintah sudah pernah melakukan pengerukan saluran air yang ada di sekitar lokasi.

“Meski musibah ini selalu terjadi, namun setelah ada pengerukan saluran air, banjirnya lebih cepat surut,” katanya, Rabu (25/5/22).Kejadian itu bukan karena tanggul jebol, namun karena luapan sungai serta posisi pesawahan yang sejajar. Sehingga  tidak heran jika ketika hujan deras areal pesawahan pun kebanjiran.

Kusdi mengatakan, jika sebelumnya banjir disini bisa sampai 3 sampai 4 hari, namun setelah ada pengerukan saluran air yang ada di sekitar sawah ini banjirnya lebih cepat surut.

“Setelah pada tahun kemarin ada pengerukan saluran air, Alhamdulilah banjirnya sekarang mah lebih cepat surut,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar