Keberadaan BUMD Untuk Sejahterakan Rakyat Subang

Bupati Subang Ruhimat (Foto Dok/Pemda Subang)

KBRN, Subang: Bupati Subang Ruhimat hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Subang Sejahtera, di Ruang Rapat Segitiga, Rabu (25/05/2022).

RUPS kali ini dilaksanakan dalam rangka melaporkan hasil kerja BUMD PT Subang Sejahtera dalam 10 bulan terakhir.

Aziz Muslih, Direktur Utama PT Subang Sejahtera dalam laporannya menyampaikan, terdapat 3 perubahan besar yang telah dilakukan jajarannya, dalam mengubah PT Subang Sejahtera menjadi BUMD yang lebih baik.

“Tiga poin perombakan yang kami lakukan, adalah pada efisiensi, produktivitas, dan budaya kerja. Sebelumnya, operasional cost jauh lebih tinggi daripada pendapatan, dan dengan efisiensi yang dilakukan, terdapat pengurangan operasional cost sebesar Rp 867 juta, salah satunya dengan pemotongan gaji direksi. Dari segi produktivitas, sudah terjadi peningkatan aset dari Rp 4 miliar menjadi Rp 9 miliar, dengan total pendapatan 2021 Rp 18,4 miliar laba bersih Rp 3,4 miliar,  dan sudah lahir 3 anak perusahaan.” ungkap Azis kepada wartawan di Subang, Rabu (25/5/2022).

Aziz juga menambahkan, SDM menjadi fokus utama dalam rangka perombakan PT Subang Sejahtera, dengan nilai-nilai utama yaitu jujur, disiplin, dan kerja keras, serta pelayanan yang gesit, antusias, dan ramah.Selanjutnya, Aziz menjelaskan terkait fokus program PT Subang Sejahtera pada tahun 2022.

“Kami sadari Subang sedang mengalami perubahan dari Kota Agraris menjadi Kota Jasa, sehingga kami memiliki fokus program yang mengarah ke sana. Prioritas program 2022 Subang transisi Kota Agraris ke Kota Jasa, dengan fokus 3 zona yaitu, Zona Pantai Utara dengan Pelabuhan Patimban, Zona Daratan dengan Industri, dan Zona Pegunungan dengan Pariwisata. Selain itu, sebagai langkah jangka panjang kami ingin BUMD meningkatkan PAD, dengan mengoptimalkan, dan menggunakan aset Pemda secara efektif.” Pungkas Aziz

Sementara itu Bupati Subang Ruhimat mengatakan, keberadaan BUMD Subang Sejahtera ini, demi kesejahteraan masyarakat Subang.

"Alasan terus menekan BUMD itu, karena saya ingin PT Subang Sejahtera menjadi lebih baik. Wajar kita ingin hari esok, lebih baik dari hari ini. Sehingga demikian banyak hal yang harus disiapkan, salah satunya adalah membenahi BUMD. Saya ucapkan kepada seluruh jajaran di PT Subang Sejahtera, atas kerja keras dan tolong dijaga, dan dipertahankan inovasi, kerja keras, dan kolaborasi, serta jangan lupa kerja cerdas. Karena apa yang sedang kita lakukan, adalah untuk ‘nyukupan kabutuhan’ 1,6 juta manusia dengan meningkatkan PAD.” ujar Ruhimat.

Ruhimat juga menekankan, bahwa dirinya akan selalu mendukung dan tidak membatasi inovasi dari PT Subang Sejahtera.

“Tidak akan saya batasi, saya butuh inovasi dan kerja cerdas. Sebagai contoh Singapura, dengan SDA yang terbatas, Singapura mampu menjadi negara maju berkat inovasi dan kerja cerdas.” imbuhnya.

Ia juga mengingatkan kembali, bahwa apa yang sudah diraih untuk terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

“Tetap pertahankan dan tingkatkan soliditas, inovasi, dan kerja cerdas. Saya optimis dengan soliditas dan keikhlasan jajaran PT Subang Sejahtera akan memberikan hasil yang maksimal," pungkas Ruhimat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar