Antisipasi Pphon Tumbang DPRKPLH Lakukan Pemangkasan

DPRKPLH Ciamis melakukan pemangkasan pohon secara rutin(Dok.DPRKPLH )

KBRN, Ciamis:  Antisipasi tumbang saat terjadi hujan angin, Dinas perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis, pangkas sejumlah pohon di pinggir jalan perkotaan Ciamis.

Kondisi pohon sudah cukup besar, lebar dan membahayakan. Sehingga khawatir tak kuat menahan terpaan angin yang bisa menimbulkan korban saat tumbang ke jalan raya.

Kepala Bidang Pertamanan dan Kebersihan  DPRKPLH, Uus mengatakan pemangkasan pohon ini juga untuk memperidah kondisi pohon yng lebat.

“Selain antisipasi terjadinya pohon tumbang, pemangkasan ini rutin kami lakukan. Demi keindahan keberadaan pohon pada wilayah perkotaan ciamis. Ketika pohon trembesi itu membahayakan kita langsung tebang saja,” ungkapnya.

Keberadaan pohon trembesi cukup banyak. Mengingat dulu penanaman sebagai penghijauan kawasan jalaur perkotaan ciamis. terlebih pohon tersebut tumbuh cepat dan sangat rindang cukup baik untuk penghijauan.

Karena kondisi pohon trembesi yang rapuh kayunya, memang sangat bahaya. Untuk itu pihaknya melakukan kegiatan pemangkasan pohon pinggir jalan.

” Sering terjadi pohon trembesi tumbang, maka dari itu pemangkasan rutin terus kita lakukan. Banyak juga PJU yang terhalang pohon itu kita pangkas supaya cahaya lampu bisa menerangi jalan pada malam hari,” jelasnya. Tidak hanya pemangkasan pohon pinggir jalan saja, akan tetapi DPRKPLH lebih terhadap penataan kawasan penghijauan perkotaan ciamis. Supaya kondisinya menjadi indah.

“Mudah-mudahan dengan adanya pemangkasan ini pohon pinggir jalan raya Ciamis tidak lagi membahayakan,” ungkapnya.

Pemkab Ciamis  mengajak warga untuk ikut menjaga pohon-pohon tersebut. Warga dapat melaporkan kondisinya bila membahayakan pengguna jalan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar