Keracunan Gas, Dua Orang Penambang Emas Meninnggal Dunia

KBRN, Garut : Sebelum meninggal dunia, dua orang penggali emas warga Kampung Cihikeu, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang Garut sempat tidak sadarkan diri dikedalaman 11 meter. Diduga kedua orang tersebut masing-masing atasnama Momon dan (49) dan Asep (47) meninggal akibat gas beracun saat melakukan penggalian.

Peristiwa tersebut terjadi di Kampung Saninten, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (14/5/2022) malam sekira pukul 21.00 WIB.

Kepala Sub Bagian UPT Damkar Bungbulang, Hendra Santoso membenarkan pihaknya telah menerima laporan tersebut pada Jumat malam kemudian melakukan evakuasi terhadap korban.

Ia menyebut evakuasi kedua korban dilakukan dengan bantuan Disdamkar Kabupaten karena kondisi tempat kejadian tidak memungkinkan untuk dilakukan evakuasi karena minim alat dan keterbatasan oksigen.

"Kami pun melapor dan meminta bantuan ke Mako dengan tim rescuenya, evakuasi selesai pukul dua dini hari," katanya, Minggu (15/5/2022).

Hendra menjelaskan, kedua korban masuk ke dalam lubang tersebut dengan maksud untuk membereskan peralatan galian.

Galian tersebut diketahui sudah tidak menghasilkan emas dan sudah ditutup sejak bulan lalu.

Setelah korban berhasil diangkat imbuh Hendra, kedua korban sudah tidak bisa bergerak.

Kedua korban diduga sudah menghembuskan nafas terakhir di dalam lubang galian emas tersebut.

"Korban meninggal dunia dua orang, evakuasi semalam melibatkan dan dibantu semua unsur Forkopimcam, TNI-Polri," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar