FOKUS: #CORONA

Kasus Covid di Purwakarta Melonjak, Bupati Siagakan Faskes

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. (Foto:Dok/RRI).

KBRN, Purwakarta: Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyatakan, selama dua hari terakhir kasus Covid-19 di Purwakarta melonjak, akibat adanya kluster yayasan yatim piatu di Kecamatan  Babakancikao Purwakarta.

Dijelaskan Anne, dari 200 lebih yang sudah di tracing, 22 diantaranya aktif Covid-19. Meski demikian pihaknya menurut Anne, belum dapat memastikan kasus aktif Covid-19 tersebut apakah terpapar varian Omicron atau lainnya.

“Jadi positif Covid-19, tapi kita tidak tahu apakah itu varian omicron atau tidak. Karena kita belum mempunyai Lab yang bisa mengecek  varian tersebut,”ungkap Bupati Purwakarta di sela persemian gedung Kreatif Centre Purwakarta, Jumat (28/1/2022).

Lebih lanjut dikatakan Anne, pihaknya sudah menyerahkan sample kasus aktif Covid-19 tersebut ke Labkesda Jawa Barat, untuk diteliti. Sedangkan kasus aktif Covid-19 yang terditeksi di Purwakarta, saat ini tercatat 34 kasus.

“Jumlah total kasus aktif hari ini di Kabupaten Purwakarta 34.  Selebihnya 14 kecamatan kini zona hijau,”jelas Anne.

Sementara terkait vaksinasi, Anne menyebutkan untuk dosis satu sudah mencapai 80 persen. Untuk anak sekolah tahun sudah mencapai 78 persen, dosis satu.

“Kita akan terus bergerak, lansiapun kini sudah mencapai 77 persen,”tegas Anne.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta pun menurut Bupati, sudah bersiap menghadapi lonjakan pandemi, terutama varian Omicron, dengan mensiagakan 4 rumah sakit dan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar