Penting, Toleransi Bagi NKRI

Pakar Kebijakan Publik sekaligus Dekan FISIP Universitas Sangga Buana YPKP Bandung, Tatang Sudrajat

KBRN, Bandung: Ditengah keanekaragaman yang mewarnai keseharian, Pakar Kebijakan Publik sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), Tatang Sudrajat mengajak masyarakat meningkatkan pentingnya rasa toleransi di kehidupan sehari hari.

Tatang mengatakan, toleransi merupakan salah satu kunci yang membentuk kesatuan sebuah negara besar seperti Indonesia, di tengah banyaknya perbedaan suku, bahasa, budaya bahkan agama. 

"Kuncinya adalah toleransi, jika masyarakat selalu menjunjung tinggi rasa itu, beranekaragam perbedaan yang ada di bangsa kita, pasti tidak akan menjadi masalah, mengingat memang negara kita terbentuk dari keragaman yang menjadi satu dalam naungan NKRI, dan saya rasa toleransi itu masih di jaga sampai saat ini,"ungkapnya. Senin (24/1/2022)

Tidak hanya itu, Tatang menambahkan, toleransi pun menjadi barometer demokrasi sebuah bangsa.

"Toleransi pun menjadi barometer demokrasi bangsa, jika toleransinya baik, maka demokrasinya pun pasti akan baik, sehingga kualitas demokrasi sangat ditentukan oleh hal itu,"imbuhnya.

Kendati demikian Tatang mengakui bahwa rasa toleransi dimasyarakat sampai saat ini senantiasa di junjung dan di aplikasikan dalam kehidupan sehari hari.

"Beruntung sampai hari ini rasa yang sangat penting itu masih kita rasakan dan terjaga dengan baik, jika tidak Indonesia bisa bernasib sama seperti Yugoslavia yang terpecah karena perang saudara,"tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar